Tips & Trik

Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor & Fungsinya

PUBLISHED DATE : 05 Januari 2022

142065816 S

Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk menahan torak bergerak ke atas.  Fungsi lainnya juga untuk meredam getaran saat roda melewati jalan berlubang. 

Komponen Suspensi Bagian Belakang 

Komponen suspensi sepeda motor pada bagian belakang memiliki bagian yang lebih sedikit. Ada lima komponen yang memiliki fungsi berbeda sebagai berikut ini:

  1. Piston Road 

Komponen yang pertama ini dikenal juga sebagai shaft dan memiliki fungsi sebagai jalur penampang piston dan dudukan piston. Jarak pemasangan shockbreaker akan disesuaikan dengan panjang dan pendeknya piston road. 

    2. Shims dan Piston 

Komponen suspensi belakang yang selanjutnya adalah shims dan piston. Dua komponen yang terpasang ini memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi oli di bagian dalam tabung. 

Oleh karena itu oli bisa bekerja menyerap getaran dengan maksimal. Ketika shims dan piston ini rusak maka kinerja shockbreaker sebagian besar bisa lumpuh. 

    3. Spring 

Ketika Anda melihat shockbreaker belakang, komponen ini sangat mudah dilihat. Fungsi utamanya adalah menahan beban kendaraan dan memudahkan proses rebound.  Bentuknya sendiri ulir dan lebih sering disebut sebagai per. 

Spring bekerja ketika motor membawa beban yang sangat berat. Namun jika terjadi terus menerus spring juga bisa mengalami kerusakan. 

    4. Eye 

Baca Juga : Rider Penting Tahu, Ini Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Selanjutnya ada komponen yang disebut dengan eye. Komponen ini berbentuk bulan dan bagian dalamnya terdapat karet. Bagian karet tersebut nantinya yang akan masuk ke baut pemegang shockbreaker belakang. 

    5. Piggyback 

Nama dari komponen ini cukup unik dan berbentuk tabung dan ada di luar shockbreaker belakang. Fungsi utamanya adalah untuk tempat tampungan oli yang mengisi ruang shock. 

Fungsi lainnya juga sebagai tabung pengisian gas nitrogen dan hanya digunakan pada beberapa jenis motor saja. 

Semua komponen suspensi sepeda motor ini harus selalu dalam kondisi baik. Jika tidak getaran pada motor akan terasa sangat kasar. Apabila Anda merasakan gejala kerusakan pada suspensi maka segeralah ke bengkel 2W Suzuki resmi terdekat. 

Bagi Anda yang ingin berkendara dengan nyaman tanpa khawatir soal suspensi bisa memilih Gixxer SF 250. Suspensi depan telah menggunakan Telescopic dan suspensi belakang menggunakan Swing Arm. 

Fitur dan spesifikasi Gixxer SF 250 dari Suzuki selengkapnya bisa Anda cek di halaman Gixxer SF 250.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Tips Agar Bodi Motor Tak Kusam

Tips Agar Bodi Motor Tak Kusam

Merawat motor kesayangan sudah menjadi sebuah kewajiban supaya motor tetap tampak kinclong. Menjaga cat bodi motor tidak berubah menjadi kusam seiring pemakaian juga penting untuk ...

selengkapnya