Tips & Trik

Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor & Fungsinya

PUBLISHED DATE : 05 Januari 2022

142065816 S

132185472_s

Suspensi motor bagian depan biasanya yang paling lebih sering rusak dibandingkan belakang. Setidaknya ada tujuh komponen penting yang membentuknya sebagai berikut ini. 

  1. Silinder Garpu 

Komponen yang pertama ini memiliki fungsi sebagai wadah dari minyak oli shockbreaker. Minyak pun harus segera diganti sehingga fungsi peredam kejut dapat bekerja dengan baik. 

    2. Seal Oli

Komponen suspensi sepeda motor yang kedua adalah seal oli. Fungsi utamanya adalah menjaga agar oli pada shock tidak keluar dari silinder garpu. Bagian ini memang jarang rusak, namun tetap harus dirawat. 

Biasanya kerusakan terjadi karena usia atau kotoran yang melekat. Lebih baik untuk rutin membersihkan komponen ini agar masa pakainya berlangsung lebih lama. 

    3. Seal Debu

Suspensi depan juga memiliki komponen seal debu yang akan menjaga supaya kotoran tidak masuk ke silinder garpu. Debu dapat mengkontaminasi minyak shock sehingga menurunkan kemampuan meredam getaran. 

Baca Juga : Jadi Mudah, Begini Cara Mengecek Pajak Motor Online

Seal debu perlu dijaga supaya tidak rusak dan harus dibersihkan secara rutin. 

    4. Tabung Garpu 

Komponen suspensi yang selanjutnya ini memiliki fungsi untuk menciptakan sekat atau ruang dari silinder garpu dengan tabung garpu. 

    5. Cincin Stopper

Ada juga komponen cincin stopper yang sangat penting karena berfungsi sebagai penahan oli shock agar tidak bergerak ke atas ketika terjadi tekanan. 

    6. Torak Garpu 

Komponen ini memiliki fungsi untuk membagi ruang bawah antara bawah dan atas torak garpu. 

    7. Baut Garpu 

Selanjutnya ada baut garpu yang memiliki fungsi utama mencegah oli agar tidak keluar dari shockbreaker

    8. Pegas Reaksi 

Komponen ini memiliki fungsi utama menyerap serta menerima getaran dari roda ketika melewati jalanan berlubang. Kinerjanya akan semakin berat ketika jalan lebih rusak lagi. 

    9. Pegas Garpu 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya