Tips & Trik

Mengapa Harus Memanaskan Mobil?

PUBLISHED DATE : 01 Februari 2019

Ertigaa1

Saat ingin memanaskan sebaiknya tak selalu dilakukan dalam keadaan diam di garasi saja. Anda juga bisa mengendarai mobil selama beberapa menit. Tujuannya supaya komponen seperti transmisi pun ikut bergerak. 

Apabila terjadi masalah pada salah satu komponen karena mobil sudah lama tidak digunakan, Anda pun akan segera tahu. Sehingga bisa sesegera mungkin dilakukan tindakan perbaikan. 

28._ertiga__2_

Dampak Jika Terlalu Sering Memanaskan Mobil 

Apa yang akan terjadi jika Anda tetap menerapkan kebiasaan memanaskan kendaraan setiap hari? Tentu saja ada dampak yang akan terjadi dan cukup merugikan, baik itu untuk lingkungan dan juga mesin mobil. 

Berikut ini dampak yang akan muncul jika Anda tetap memanaskan mobil setiap hari. 

    1. Boros Bahan Bakar

Baca Juga : Tips Memilih dan Merawat Jok Motor: Kenyamanan dan Estetika

Dampak pertama yang sangat merugikan kantong Anda adalah boros bahan bakar. Meskipun mobil Anda sudah diklaim hemat BBM namun jika Anda memanaskannya setiap hari, tetap saja ada bahan bakar yang dibuang. 

    2. Pencemaran Lingkungan

Kendaraan yang digunakan sehari hari sudah menimbulkan emisi gas buang. Jika masih ditambah kegiatan memanaskan setiap hari tentu akan mencemari lingkungan. Apalagi jika Anda memanaskan kendaraan hanya di dalam garasi tertutup. 

Emisi gas buang bisa merusak udara di dalam ruangan yang ventilasi udaranya buruk. Andapun pemilik rumah akan menghirup lebih banyak emisi gas tersebut yang tidak baik untuk kesehatan. 

    3. Membuat Dinding Silinder Mengering

Ketika Anda terlalu lama memanaskan mobil dalam kondisi idle atau tidak jalan, maka akan membuat pembakaran tidak sempurna di ruang bakar. Dampak buruknya adalah ruang silinder lebih tepatnya di bagian dinding akan mengering. 

Penyebabnya adalah sisa bahan bakar tidak terbakar dan justru menempel pada dinding silinder. Efek ini akan membuat minyak pelumas tidak bekerja melumasi bagian dinding. 

    4. Muncul Karat di Pipa Knalpot

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya