Tips & Trik

Mengapa Harus Memanaskan Mobil?

PUBLISHED DATE : 01 Februari 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/ertigaa1.jpg

Tidak memanaskan mobil setiap hari memang tidak menimbulkan resiko kerusakan pada kendaraan kesayangan Anda. Namun kegiatan memanaskan mobil tetap perlu dilakukan meskipun tidak setiap hari. Khususnya bagi Anda yang tidak menggunakan mobil sampai berminggu-minggu. 

Setidaknya sesekali mobil harus tetap dipanaskan. Apa alasannya Anda harus memanaskan mobil? Simak penjelasannya berikut ini. 

    1. Menghindari Kebocoran Kompresi

Alasan pertama mengapa Anda butuh memanaskan kendaraan adalah untuk menghindari terjadinya kebocoran kompresi. Beberapa komponen mesin sengaja tidak dibuat presisi namun jika terkena panas maka posisinya akan lebih presisi. 

Baca Juga : Apa Itu Platina Mobil? Ketahui Ini Fungsi & Cara Kerjanya

Apabila mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu yang sangat lama, komponen yang tidak presisi tersebut akan menjadi sumber kebocoran. Apabila kebocoran sudah terjadi maka nantinya akan menciptakan masalah pada ruang bakar. 

    2. Menghindari Mesin Aus

Setiap komponen mesin membutuhkan oli sebagai pelumas ketika bergerak. Ketika mobil tidak dipanaskan maka bagian celah daripada mesin ini akan mengering. Sedangkan oli hanya ada di tempat tampungan saja tanpa melumasi semua bagian mesin. 

Dampaknya adalah membuat mesin akan cepat aus. Jika mesin aus maka akan menimbulkan suara berisik ketika mesin dinyalakan. Tak hanya itu, kerusakan komponen mesin pun kerap kali terjadi karena gesekan antara mesin yang terjadi akibat oli kering. 

    3. Mengisi Daya Aki

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Dari Sistem ABS

Tak hanya soal mesin saja, mobil juga membutuhkan listrik untuk menyalakan lampu dan beberapa fitur lainnya. Aki yang menjadi komponen untuk menyimpan daya lama kelamaan akan melemah jika mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu lama. 

Alasan memanaskan mobil adalah supaya daya listrik yang tersimpan pada aki akan meningkat. Karena daya tersebut akan berkurang jika mesin tidak dinyalakan. Oleh karena itu penting untuk memanaskan kendaraan Anda supaya aki tetap bekerja dengan baik. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memanaskan Mobil? 

Baca Juga : 7 Cara Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru

Kegiatan memanaskan kendaraan mobil di rumah memang perlu dilaksanakan, namun tidak wajib setiap hari. Anda bisa melakukannya dengan menyesuaikan tipe kendaraan. Jika kendaraan yang dimiliki memiliki mesin non injeksi atau konvensional maka tak perlu setiap hari. 

Mobil konvensional yang biasanya terdapat pada jenis mobil lama masih menggunakan karburator yang fungsinya mencampurkan bahan bakar dan udara di ruang bakar. Untuk memanaskan mobil jenis ini Anda hanya membutuhkan waktu sebanyak 5 menit saja. 

Itupun dilakukan tidak setiap hari, karena jika lebih dari 5 menit bahkan sampai 30 menit hanya akan membuat mesin overheating. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memanaskan dua atau tiga kali dalam seminggu. 

Berbeda lagi dengan Anda yang memiliki mobil dengan mesin injeksi. Biasanya sudah digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk mobil dengan mesin ini Anda tidak perlu memanaskannya setiap hari. 

Khusus mobil injeksi proses pemanasan pun jauh lebih singkat yaitu hanya 30 detik saja. Anda juga hanya perlu melakukannya jika kendaraan sudah berminggu-minggu mangkrak di garasi. 

Jadi sudah tidak bingung lagi kan, kapan Anda harus memanaskan kendaraan kesayangan. Yang pasti Anda tak perlu melakukannya setiap hari, apalagi jika mobil digunakan untuk pergi setiap hari. 

Saat ingin memanaskan sebaiknya tak selalu dilakukan dalam keadaan diam di garasi saja. Anda juga bisa mengendarai mobil selama beberapa menit. Tujuannya supaya komponen seperti transmisi pun ikut bergerak. 

Apabila terjadi masalah pada salah satu komponen karena mobil sudah lama tidak digunakan, Anda pun akan segera tahu. Sehingga bisa sesegera mungkin dilakukan tindakan perbaikan. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya