Tips & Trik

Mengenal Suzuki Ertiga Hybrid Yang Irit BBM

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-5-(1)-(1).jpg

Teknologi hybrid pada kendaraan bagi masyarakat Indonesia masih dipandang sebagai sesuatu yang sangat “baru” dan “mahal”. Padahal, mobil berteknologi hybrid sebenarnya sudah ada sejak tahun 1902. Teknologi ini hadir dari tangan Ferdinand Porsche yang memberi nama mobil bermesin hybrid pertama dengan julukan 'Mixte'. Mobil ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. 


Mobil hybrid kini telah menjadi alternatif kendaraan yang diminati karena dinilai memiliki kemampuan untuk menghemat bahan bakar hingga 2 kali lipat dari mobil biasa. Dengan menghemat bahan bakar, banyak yang mempercayai dengan mengendarai mobil hybrid bisa ikut andil dalam mengurangi polusi dan menjaga lingkungan. 

 

Baca Juga : Fungsi Valve Spring Compressor & Cara Menggunakannya

Sebagai salah satu produsen otomotif ternama di Indonesia, Suzuki Indomobil Sales tentunya selalu menghadirkan yang terbaik bagi para konsumennya. Inilah yang mendorong Suzuki meluncurkan mobil Suzuki Ertiga Hybrid pada bulan Juni lalu. Mobil Low MPV ini memiliki kemampuan untuk efisiensi bahan bakar yang juara. Bahkan lebih unggul dibanding generasi Suzuki Ertiga sebelumnya yang memang sudah terkenal akan kemampuannya irit BBM. Salah satu yang membuat kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid ini disambut positif oleh para pecinta otomotif adalah harganya yang relatif terjangkau. Dengan teknologi Hybrid yang canggih, harga mobil MPV ini tidak lantas kian melambung tinggi. Suzuki Ertiga Hybrid dibanderol seharga kisaran Rp270,3—292,3 juta (OTR Jakarta) per bulan Juni.

 

Yang menjadi kunci mengapa Suzuki Ertiga Hybrid lebih irit BBM dibandingkan generasi sebelumnya adalah kombinasi restrukturisasi desain arsitektur bodi, teknologi mesin, serta elektrifikasinya. Dari sinilah, fitur-fitur teranyar seperti Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai lithium-ion, Auto Start-Stop, serta Acceleration Assist hadir melengkapi mobil yang cocok untuk dijadikan kendaraan harian ini. 

Baca Juga : Begini Perawatan Bodi Motor Warna Doff yang Benar

 

Adanya teknologi Heartect terbaru juga berpengaruh besar pada penggunaan bahan bakar. Tapi yang menariknya, bobot platform Heartect  pada Suzuki Ertiga Hybrid terbaru ini diklaim lebih ringan dari sebelumnya. Reduksi setidaknya sebesar 15% pada bobot platform ini jugalah yang ikut menyumbang kemampuan Suzuki Ertiga Hybrid jadi lebih irit. 

 

Baca Juga : Macam-Macam Cara Membersihkan Helm dan Mencucinya

Selanjutnya berbicara soal mesin. Apa saja yang baru dari mesin Suzuki Ertiga Hybrid?. Mobil ini menggunakan mesin K15B dengan kombinasi penggunaan Integrated Starter Generator (ISG) serta baterai lithium ion berkapasitas 6 Ah 12 V. Di mana ISG berfungsi sebagai motor sekaligus generator yang mampu menyimpan listrik ke baterai lithium ion ketika mobil mengalami pengurangan kecepatan. Energi listrik tersebut akan menyuplai tenaga tambahan ke mesin saat berakselerasi atau menjaga kelistrikan mobil tetap menyala saat berhenti karena fitur Auto Start Stop aktif.


Kinerja mesin inilah yang menjadikan Suzuki Ertiga Hybrid lebih irit BBM. Tertarik untuk menjajal seberapa tangguh dan irit generasi terbaru dari Suzuki Ertiga ini? Kunjungi dealer resmi Suzuki terdekat untuk melakukan test drive atau cari tahu lebih lengkap di https://www.suzuki.co.id/automobile/all-new-ertiga-hybrid

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya