Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Transmisi Manual dan Otomatis

PUBLISHED DATE : 27 September 2021

Transmisi (1)

Torque Converter pada bagian sudutnya dilengkapi stator dan kurva di antara turbin runner dan pompa impeller. Prinsip kerja Torque Converter hampir sama dengan kopling fluida.

  • Komponen One Way Clutch dan Clutch

Bagian ini menghubungkan torque yang dapat memindahkan mesin ke intermediate shaft dan memutuskan torque converter dari planetary gear agar mesin menghentikan perpindahan.

Komponen ini terdiri atas disc yang tersusun bolak-balik dan dapat dibedakan melalui tekanan hidrolik.

  • Sistem Kontrol Hidrolik

Bagian ini terdiri atas komponen oli pan yang memiliki fungsi sebagai reservoir fluida, pompa oli untuk pembangkit tenaga hidrolik, katup multifungsi, dan saluran pipa fluida penyalur minyak dari transmisi ke clutch.

Fungsi utama bagian ini adalah untuk mengubah beban mesin dari kecepatan menjadi hidrolik.

Selanjutnya, ia juga berfungsi sebagai pelumas minyak sistem transmisi, pengatur tekanan hidrolik, pendingin torque converter, dan membantu mengalirkan minyak dari transmisi ke torque converter.

  • Manual Linkage

Bagian ini memiliki fungsi sebagai throttle cable, accelerator pedal, dan selector lever. Kendaraan Anda bisa berjalan dengan maksimal karena komponen transmisi otomatis ini. 

Oleh sebab itu, sebaiknya dilakukan pengecekan secara berkala terhadapnya, dan jika perlu lakukan perawatan khusus.

  • Shifting Control

Baca Juga : Jangan Asal Murah, Wajib Kroscek Sebelum Beli Pelek Bekas!

Fungsi bagian ini adalah mengubah beban pada mesin dan kecepatan menjadi hydraulic. 

Hal itu dapat menyebabkan tekanan hydraulic pada kendaraan akan mengalir otomatis pada kopling, planetary gear dan rem. 

  • Pedal Akselerasi

Pada mesin kendaraan, bagian ini dihubungkan dari kabel throttle valve. Derajat penekanan pada kendaraan dari kabel tersebut akan diteruskan ke sistem transmisi, sehingga kendaraan dapat berjalan dengan maksimal. Bagian ini memerlukan perawatan khusus dan diusahakan bersih.

  • ATF (Automatic Transmission Fluid) 

Fungsi ATF di antaranya untuk pemindahan momen puntir pada torque converter dan pelumas pada planetary gear.

Kegunaan lainnya adalah sebagai pendingin komponen-komponen yang mengalami pergerakan serta kendali sistem hydraulic pada kopling dan rem.

Demikianlah penjelasan mengenai bagian penting dari komponen transmisi manual dan otomatis. Jika terjadi masalah pada mesin mobil khususnya di bagian ini, segera lakukan service di bengkel resmi Suzuki.

Suzuki menerima service kendaraan dan bisa memberikan informasi perawatan khusus bagi Anda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya