Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Transmisi Manual dan Otomatis

PUBLISHED DATE : 24 Mei 2024

Komponen Transmisi

Setelah mengetahui transmisi manual, ketahui juga berbagai komponen dari transmisi otomatis di bawah ini.

  • Brake

Komponen pertama ini posisinya berada di planetary gear.  Break melakukan pergerakan supaya bisa mendapatkan perbandingan di bagian gigi kendaraan.

Brake bergerak dengan memanfaatkan tekanan hidrolik. Terdapat dua jenis brake, yakni type brake  dan wet multiple disc brake.

  • Automatic Transmission Fluid atau ATF

Kedua, ada ATF yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai oli atau minyak transmisi otomatis.

Fungsi dari ATF yakni untuk mempermudah proses perpindahan yang terjadi dalam momen puntir. Proses tersebut terjadi di bagian planetary gear dan torque converter.

Selain itu, minyak ini juga memiliki peran penting sebagai sistem kendali hidrolik pada bagian rem dan kopling, serta dapat mendinginkan berbagai komponen yang mengalami pergerakan.

  • Torque Converter

Ini adalah komponen yang diisi dengan ATF. Torque converter memainkan peran penting untuk memperbesar momen dari mesin, sehingga dapat diteruskan ke komponen transmisi.

Selain itu, kopling otomatis dalam sistem ini pun dapat melakukan berbagai kendali. Misalnya, memutus atau memindahkan momen mesin, meredam getaran, memperlembut mesin, hingga menggerakkan pompa oli.

  • One Way Clutch dan Clutch

Baca Juga : Penyebab Karat Pada Knalpot dan Cara Hilangkannya

Fungsinya sebagai penghubung antara torsi yang dapat melakukan perpindahan mesin, serta menghentikan perpindahan dengan cara memutus torque converter dari komponen planetary gear.

  • Manual Linkage

Ini adalah bagian pendukung mobil otomatis yang terdiri dari beberapa bagian, yakni akselerator, kabel, hingga kabel throlette.

  • Sistem Kontrol Hidrolik   

Selanjutnya, ada sistem yang mengendalikan kerja dari kopling transmisi dan brake. Kinerjanya secara otomatis memanfaatkan tekanan yang berasal dari pompa oli.

  • Shifting Control

Shifting control memiliki peran untuk mengubah beban yang ada pada bagian mesin serta kecepatannya, untuk menjadi tekanan hidrolik. Tekanan tersebut kemudian mengalir ke berbagai komponen yang dibutuhkan.

  • Pedal Akselerasi

Ini adalah komponen yang menghubungkan ke bagian throttle valve dengan memakai kabel. Penekanan dari akselerasi dalam sistem transmisi otomatis ini akan disesuaikan dengan kebutuhan kemudi Anda.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya kini Anda semakin paham tentang apa saja komponen dari sistem transmisi mobil. Baik transmisi manual maupun otomatis, tentunya perlu didukung oleh berbagai komponen dengan perannya masing-masing.

Namun, perlu dipahami bahwa setiap komponen transmisi di atas perlu dirawat dengan baik supaya dapat berfungsi optimal. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan perawatan dan servis rutin di bengkel resmi Suzuki. Supaya lebih mudah, silakan booking di sini.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya