Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Transmisi Manual dan Otomatis

PUBLISHED DATE : 24 Mei 2024

Komponen Transmisi

Dengan adanya transmisi otomatis ini, maka Anda bisa lebih fokus dalam mengemudi, karena sistem perpindahan gigi akan dilakukan secara otomatis. Hal ini disesuaikan dengan kecepatan kendaraan dan beban mesin mobil.

Komponen Transmisi Manual

Mengenal komponen mesin adalah hal yang sebenarnya penting bagi setiap pemilik dan pengendara mobil, meski mungkin masih sering disepelekan oleh banyak orang.

Padahal, dengan mengenal komponen tersebut, maka Anda dapat lebih berhati-hati dan memahami tentang perawatan kendaraan.

Hal ini juga berlaku untuk komponen pada transmisi mobil, baik sistem manual maupun otomatis. Untuk sistem manual, di bawah ini adalah berbagai komponen yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Gigi Transmisi

Pertama, ada komponen penting yang memiliki fungsi untuk mengubah tenaga. Gigi transmisi akan mengubah tenaga mesin supaya dapat menjadi torsi yang sesuai kebutuhan.

Tentunya, hal ini akan dikendalikan oleh pengendara, tergantung dari medan dan kecepatan yang akan ditempuh.

  • Poros Input

Kedua, ada bagian poros input. Ini merupakan sumbu yang terhubung dengan koling, fungsinya untuk memutar gigi yang ada pada gearbox mobil Anda.

  • Garpu Pemindah atau Shift Fork

Baca Juga : Fungsi Throttle Position Sensor Pada Mobil & Cara Kerjanya

Garpu pemindah adalah komponen dengan peran untuk melakukan perpindahan gigi. Hal ini akan disesuaikan dengan sumbunya, supaya menjadi lebih mudah untuk dipasangkan maupun dipindahkan.

  • Gigi Penyesuaian  atau Synchronizer

Komponen transmisi yang selanjutnya yakni gigi penyesuaian. Sebenarnya, ini adalah bagian tambahan, dengan posisi yang berada di gigi transmisi.

Ketika kedua gigi yang tersambil memiliki masalah atau tidak berada dalam posisi yang sama, maka hal ini dapat menjadi masalah.

Maka dari itu, komponen gigi penyesuaian memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya masalah tersebut.

Selain itu, gigi penyesuaian juga dapat mempermudah Anda dalam mengatur kecepatan dari satu gigi menuju ke gigi yang lainnya.

  • Tuas Persneling  

Inilah komponen yang sangat khas dengan sistem transmisi manual. Fungsinya yakni untuk mempermudah pengemudi ketika memindahkan gigi transmisi sesuai dengan kebutuhan.

  • Wadah Transmisi

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya