Lengkap, Ini Komponen Transmisi Manual dan Otomatis
PUBLISHED DATE : 27 September 2021
Sedangkan untuk transmisi otomatis pada kendaraan artinya perpindahan sistem ini terjadi secara otomatis berdasarkan hidraulis, bukan mekanik.
Tujuan dari transmisi manual adalah untuk dapat memindahkan tenaga pada mesin kendaraan sesuai dengan kondisi mengemudi
Karakteristik yang dimiliki yaitu dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar, melakukan gerakan roda mundur, dan menjalankan roda dengan kecepatan tinggi.
Sedangkan untuk transmisi otomatis, pengemudi dapat fokus dalam menjalankan kendaraan karena perpindahan giginya dilakukan dengan sistem otomatis disesuaikan dengan beban mesin dan kecepatan pada kendaraan.
Macam-Macam Komponen Transmisi Manual
Penting bagi Anda yang setiap hari menggunakan kendaraan untuk menjalankan aktivitas mengetahui komponen penting pada transmisi.
Hal ini agar pengemudi lebih berhati-hati dalam berkendara dan merawat mesin. Berikut ulasan lengkap mengenai transmisi manual dan otomatis beserta fungsinya.
-
Gigi Transmisi
Fungsi bagian ini adalah mengubah tenaga dari mesin menjadi gaya torsi disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi pada saat mesin kendaraan berjalan.
-
Poros Input
Sumbu yang saling berhubungan dengan kopling berfungsi agar dapat memutar gigi dalam gearbox kendaraan.
-
Synchronizer (Gigi Penyesuaian)
Baca Juga : Kelebihan Headlamp Motor Memakai LED
Bagian ini merupakan tambahan yang terletak pada gigi transmisi. Synchronizer berfungsi untuk mencegah pemutaran apabila kedua gigi yang tersambung tidak dalam posisi sama, serta memudahkan mengatur kecepatan dari gigi satu ke gigi lainnya.
-
Shift Fork (Garpu Pemindah)
Fungsi utama bagian ini untuk memindahkan gigi sesuai pada sumbunya, sehingga perpindahan gigi mudah pada saat pemasangan dan dipindahkan.
-
Tuas Persneling
Bagian komponen transmisi manual yang satu ini dapat memudahkan pengemudi kendaraan melakukan pemindahan gigi transmisi berdasarkan posisinya.
-
Shift Linkage (Tuas Penghubung)
Shift Linkage berfungsi sebagai penghubung antara shift fork dengan tuas persneling.
-
Bak Transmisi
Bak Transmisi berguna sebagai tempat penyimpanan oli transmisi serta sebagai wadah bearing transmisi dan poros.
-
Input Shaft
Bagian ini berhubungan langsung dengan kopling kendaraan. Input Shaft merupakan poros input sebagai tempat aliran tenaga mesin dari kopling ke roda gigi.
Fungsi utamanya yaitu untuk dapat melakukan pemutaran gear (gigi) pertama kali sebelum mengalir ke gigi lainnya dalam gear box sistem transmisi.
-
Output Shaft