Tips & Trik

Mengenal Vapor Lock, Penyebab Rem Gagal Berfungsi

PUBLISHED DATE : 11 November 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mengenal-Vapor-Lock-Penyebab-Rem-Gagal-Berfungsi.jpg

Anda pasti semua setuju sistem pengereman merupakan salah satu komponen paling penting pada kendaraan bermotor. Komponen yang satu ini perlu dijaga dan dirawat sebaik mungkin supaya bisa tetap bekerja secara maksimal. Ini penting karena jangan sampai rem menjadi tidak berfungsi atau blong karena vapor lock.

Apa itu vapor lock?

Vapor lock merupakan kondisi di mana suhu rem menjadi terlalu panas karena diinjak terlalu lama, yang menyebabkan minyak rem menjadi mendidih. Ketika minyak rem mendidih akan menghasilkan uap air yang bisa menyebabkan rem blong. Kondisi seperti inilah yang disebut dengan vapor lock.

Baca Juga : Perbedaan Petal Disc Brake dengan Rem Cakram Biasa

Untuk mencegahnya, kita perlu melakukan penggantian minyak rem secara berkala di setiap 40.000 km. Setiap kelipatan 40.000 km, minyak rem wajib dicek dan diganti. Jika tidak diganti, risiko munculnya uap air atau udara di dalam sistem pengereman, karena dari vapor lock bisa menjadi lebih besar.

Jangan lupa juga untuk menghindari terjadinya vapor lock, ketika melintasi jalanan menurun,  disarankan untuk tidak hanya menginjak rem untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil. Kita bisa menggunakan juga bantuan dari mesin atau engine brake.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa agar seluruh komponen yang ada di kendaraan Suzuki kesayangan Anda bekerja optimal dan selalu dalam keadaan prima, lakukan servis berkala di bengkel resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Tips Perawatan Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya