Tips & Trik

Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

PUBLISHED DATE : 17 Desember 2021

104096322 S

Lampu kolong akan langsung terhubung dengan lampu senja belakang. Lebih tepatnya peletakan lampu ini berada di kolong atau bagian bawah motor. Lampu kolong akan menyala jika mesin motor juga menyala.

Biasanya pemasangan lampu ini banyak dilakukan untuk jenis motor matic, dan jenis motor lainnya yang mendukung. Jadi, Anda harus memasangnya dengan benar agar aksesoris motor yang dipasang tidak membuat Anda terkena tilang polisi.

Fungsi Lampu Kolong

Jika dilihat berdasarkan fungsinya, lampu kolong tidak memiliki fungsi khusus dari pemasangannya. Namun, ada beberapa fungsi yang bisa diberikan jika Anda memasangnya. Hal yang penting adalah memasang dengan cara sesuai standar. Ini beberapa fungsi lampu kolong pada motor.

  • Sebagai Aksesoris Tambahan

Jika ditanya apa fungsi utama lampu kolong, tentunya adalah sebagai aksesoris untuk variasi kendaraan yang lebih menarik. Lampu kolong akan semakin menyala dengan bagus saat Anda berkendara di malam hari. 

  • Penerang Sektor Bawah

Karena pemasangannya berada di posisi bawah motor, maka manfaat lampu kolong ini yaitu untuk menerangi sektor bawah. Selain itu, jangkauan penerangannya juga cukup jauh untuk melihat keadaan jalan yang dilewati. 

Baca Juga : Volume Oli Motor Berkurang Tiba-tiba? Mungkin Ini Masalahnya

Jadi, kehadiran lampu aksesoris ini untuk keperluan scouting atau untuk mengarahkan kendaraan saat digunakan malam hari. Dengan penerangan yang cukup di luar lampu standar, maka apapun yang ada di bagian bawah sekitar ban dan obstacle akan lebih terlihat jelas. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Lampu Kolong

Jika tertarik untuk memasangnya, maka perhatikan beberapa hal penting. Sebelumnya, Anda harus mengenali kondisi motor terlebih dahulu.

Dalam pemasangan sendiri, beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain gunting, isolasi, kabel hitam dan merah minimal 1 meter, dan saklar.

Untuk langkahnya, pertama Anda harus membuka bagian cover belakang motor. Pada lampu rem terdapat 3 kabel, yaitu kabel lampu rem, lampu senja, dan kabel body.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya