Tips & Trik

Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor Anda

PUBLISHED DATE : 28 September 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/selang_rem.jpg

Selang rem merupakan salah satu komponen penting dari sistem pengereman yang juga harus dijaga dengan baik sehingga fungsi rem pun tidak terganggu.

Rem adalah bagian paling krusial dalam kendaraan bermotor. Jika tidak ada rem, motor yang Anda gunakan bisa mengalami kerusakan hingga berakibat pada kecelakaan. Pada rem, terdapat sebuah bagian yang juga tidak kalah penting yakni selang rem.

Sebagai pengetahuan, sistem pengeraman dibagi menjadi beberapa bagian penting yakni master rem, cakram, minyak rem, sampai selang. Bagian penting yang sering dianggap underrate adalah brake hose atau sering disebut selang pada rem. Berikut penjelasan detail yang wajib Anda ketahui.

Baca Juga : Harus Waspada, Ini Akibat Telat Ganti Oli Motor Kamu

Fungsi Penting Selang Rem

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal, selang rem tidak bekerja sendirian melainkan bekerjasama dengan komponen lain yang juga tergabung dalam sistem pengereman. Peran penting yang dimainkan oleh bagian ini adalah menghubungkan dua bagian utama dari rem.

Apa itu dua bagian utama dalam rem? Slave silinder dan master silinder adalah bagian utamanya. Peran penting yang dipegang oleh selang ini membuat Anda sebagai pengguna harus ekstra dalam memperhatikan dan merawatnya.

Baca Juga : Kinclong, Ini Cara Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Praktis

Jangan lupa untuk selalu mengganti dan mengecek selang jika dirasa terjadi keanehan pada bagian rem. Keanehan paling umum seperti rem blong menjadi perkara yang paling sering terjadi akibat selang yang tidak dirawat dengan baik.

fungsi_selang_rem

Bagian Kontruksi Selang

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Kita Harus Tahu

Setelah mengenal lebih jauh fungsi selang rem, Anda perlu tahu dengan lebih detail seperti apa kontruksi pada selang ini. Dapat dikatakan bahwa selang memiliki tiga lapis kontruksi yang wajib Anda ketahui yakni inner tube, Kevlar layer, dan yang terakhir outer casing.

Ketiga bagian ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Untuk memperjelasnya, berikut fungsi utama dari ketiga bagian pada selang pengereman ini.

  1. Inner Tube

    Lapisan yang pertama ini disebut inner tube dan berfungsi untuk menampung cairan. Bahan pilihan terbaik untuk bagian ini yang tidak bereaksi atau dapat menyebabkan korosi pada minyak rem adalah Teflon.

  2. Kevlar Layer

    Bagian kedua yang juga harus Anda ketahui adalah Kevlar Layer. Fungsi dari Kevlar layer adalah memberi kekuatan dan struktur pada selang. Kevlar layer merupakan lapisan yang berbentuk seperti anyaman dengan bentuk yang fleksibel.

    Meski bentuknya fleksibel, lapisan ini menangani tekanan tinggi yang berasal dari sistem hidrolik secara lebih efisien. Penanganannya juga harus lebih efisien agar tidak meluas kemana-mana. Bagian ini memiliki berat yang sangat ringan dan mudah di bongkar pasang dengan menggunakan alat yang benar.

  3. Outer Casing

    Berlanjut pada bagian terluar yang juga berfungsi sebagai lapisan pelindung dengan sebutan outer casing. Outer casing bertugas melindungi lapisan Kevlar dan rangka sepeda agar minim lecet.

Hal-hal Penting dalam Selang Rem

Sebagai perangkat yang fungsi utamanya untuk menyalurkan minyak rem ke bagian master rem, selang pada rem harus mendapat perhatian yang cukup. Tanpa adanya selang ini, piston tidak akan terdorong dan proses pengeraman juga tidak bisa terjadi.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya