Tips & Trik

Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

PUBLISHED DATE : 17 Desember 2021

104096322 S

Nah, cari dulu kabel yang terhubung dengan lampu senja, karena lampu kolong bekerja bersama lampu senja. 

Setelah menemukan posisi lampu senja, selanjutnya temukan kabel body. Kabel body umumnya terpisah dengan lampu senja. Lampu body bertegangan negatif (-). Langkah rinci selanjutnya akan dijelaskan pada pembahasan di bawah untuk merangkai lampu tambahan tersebut.

104096325_s

Cara Memasang Lampu Kolong Motor

Cara pasang lampu kolong motor bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan saklar atau tanpa saklar. Tiap cara tersebut memiliki langkah masing-masing. Ada pula kelebihan dan kekurangan pada kedua cara ini. 

Kali ini, akan dijelaskan bagaimana tips yang benar dalam memodifikasi motor dengan lampu LED.

Baca Juga : Ini Bahayanya Memakai Peninggi Shock Breaker Sepeda Motor

Lampu kolong motor yang dipasang dengan sesuai akan memperlihatkan cahaya menyala di bawah kendaraan sehingga terlihat lebih mengesankan. Berikut 2 cara  pemasangannya.

  • Pemasangan Lampu Kolong Tanpa Saklar

Pemasangan lampu kolong atau LED yang pertama yaitu tanpa saklar atau otomatis. Jadi, Anda harus memasang arus listrik di bagian lampu senja. Apabila lampu tidak dinyalakan, maka lampu tambahan ini juga tidak akan menyala. 

Cara ini berlaku untuk jenis motor tahun 2012 ke bawah. Pasalnya, kondisi motor memiliki lampu dengan saklar manual, sehingga lampu tidak menyala terus-menerus. Pemasangan tanpa saklar ini juga lebih boros dalam sistem kelistrikan kendaraan karena kerja lampu mengikuti lampu utama.

  • Pemasangan Lampu Kolong Dengan Saklar

Sedangkan untuk jenis motor tahun 2012 ke atas, Anda bisa memasang lampu kolong dengan bantuan saklar. Saklar manual tersebut bisa dimanfaatkan jika ingin mematikan atau menyalakan lampu kolong yang tidak berhubungan langsung dengan lampu rem dan lampu senja. 

Cara kedua ini lebih aman karena bisa dinyalakan dan dimatikan jika dibutuhkan melalui saklar. Instalasi lampu kolong menggunakan saklar bisa dinyalakan di siang atau malam hari. Pemakaian aki motor pun akan jauh lebih hemat karena lampu kolong tidak mengikuti lampu utama yang menyala. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya