Tips & Trik

Kunci Motor Hilang? Tenang, Ini Hal yang Perlu Dilakukan

PUBLISHED DATE : 22 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/kunci_motor.jpg

Kunci motor merupakan benda yang sangat penting bagi para pengendara, karena tanpa kunci motor, tentunya motor Anda tidak dapat menyala. Kunci motor tidak bisa disepelekan keberadaannya, meskipun sebagian orang pernah mengalami kunci motor hilang.

Hilangnya kunci motor memang membuat repot, apalagi jika hilangnya disaat yang tidak tepat atau Anda sedang terburu-buru dan akhirnya pun panik. Ada berbagai alasan kunci motor bisa hilang. Jika hal ini terjadi, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Jangan Panik

    Saat mengalami kunci motor hilang, jalan terbaik pertama yang dapat Anda lakukan adalah jangan panik dan tetap tenang.

    Baca Juga : 9 Cara Mengkilapkan Body Motor Matic yang Kusam Permanen

    Panik hanya akan membuat pikiran semakin runyam sehingga Anda tidak dapat mengingat dimana terakhir kalinya meletakkan kunci motor tersebut.

    Panik juga membuat suasana semakin keruh, sehingga bisa memicu pertengkaran, apalagi jika Anda panik dalam kondisi terburu-buru dan mendesak. Padahal, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kehilangan kunci motor.

    Daripada panik yang membuat hati tidak tenang, Anda bisa saja menggunakan kunci cadangan yang seharusnya sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa tukang kunci yang akan membuatkan kunci motor baru.

    Intinya, semua masalah pasti bisa diselesaikan, jadi Anda tidak perlu takut tidak ada jalan keluarnya ketika kehilangan kunci motor. Tidak perlu gelisah, karena motor akan segera menyala kembali dan Anda akan mendapatkan kunci lainnya untuk kendaraan tersebut.

    kunci_motor_hilang
  2. Gunakan Kunci Cadangan

    Baca Juga : Soket USB Charger di Motor Terkena Air? Jangan Panik, Ini Tipsnya!

    Orang cerdas pasti tidak asing dengan peribahasa sedia payung sebelum hujan. Hal ini ternyata juga berlaku untuk kunci motor yang hilang. Sebaiknya, Anda selalu menyediakan kunci cadangan ketika menyimpan kunci motor.

    Kunci cadangan adalah cara untuk menyelesaikan masalah jika kunci motor Anda hilang. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan kunci motor cadangan Anda di tempat yang aman dan mudah diingat.

    Hal ini bertujuan agar Anda mudah mengingat dan mengambilnya ketika membutuhkan kunci cadangan tersebut. Sebab, bisa jadi Anda lupa dimana menaruh kunci utama, atau tidak sengaja menghilangkan dan menjatuhkannya.

    Baca Juga : Ini Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit

    Kunci cadangan adalah benda pertama yang paling sering diingat pada saat kehilangan kunci motor. Jadi, selalu siapkan kunci cadangan untuk motor Anda.

    Sebaiknya, Anda memiliki lebih dari satu kunci cadangan, agar dapat menyimpan satu dalam dompet dan yang lain ditinggal di rumah.

  3. Pakai Jasa Tukang Kunci

    Jika Anda tidak memiliki kunci cadangan, maka langkah yang dapat Anda lakukan ketika kehilangan kunci motor adalah dengan menggunakan jasa tukang kunci.

    Biasanya tukang kunci dapat dengan mudah membongkar kontak Anda dan membuat motor kembali menyala dengan kunci baru yang dibuatnya.

    Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi dealer motor karena biasanya dealer menyediakan layanan perbaikan atau penggantian kunci. Tidak hanya di dealer, ahli kunci pun sangat mudah Anda jumpai yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan.

    Berkaitan dengan pembuatan kunci, Anda membutuhkan surat kepemilikan kendaraan dan biaya tambahan untuk penggantian kunci. Adapun solusi yang paling murah disini  adalah mengganti mata atau gerigi di badan anak kunci.

    Setiap tukang kunci sudah pasti bisa melakukan hal tersebut. Tukang kunci nantinya juga akan mengubah bagian dalam rumah kunci agar kunci tetap sesuai dan dapat masuk ke dalam rumah kunci.

  4. Buat Kunci Duplikat

    Jika Anda tidak memiliki kunci cadangan, dan dealer tempat Anda membeli motor tidak menanggung garansi kunci, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminta dibuatkan kunci duplikat pada tukang kunci.

    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya