Tips & Trik

Kunci Motor Hilang? Tenang, Ini Hal yang Perlu Dilakukan

PUBLISHED DATE : 22 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/kunci_motor.jpg

Kunci motor merupakan benda yang sangat penting bagi para pengendara, karena tanpa kunci motor, tentunya motor Anda tidak dapat menyala. Kunci motor tidak bisa disepelekan keberadaannya, meskipun sebagian orang pernah mengalami kunci motor hilang.

Hilangnya kunci motor memang membuat repot, apalagi jika hilangnya disaat yang tidak tepat atau Anda sedang terburu-buru dan akhirnya pun panik. Ada berbagai alasan kunci motor bisa hilang. Jika hal ini terjadi, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Jangan Panik

    Saat mengalami kunci motor hilang, jalan terbaik pertama yang dapat Anda lakukan adalah jangan panik dan tetap tenang.

    Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor Anda

    Panik hanya akan membuat pikiran semakin runyam sehingga Anda tidak dapat mengingat dimana terakhir kalinya meletakkan kunci motor tersebut.

    Panik juga membuat suasana semakin keruh, sehingga bisa memicu pertengkaran, apalagi jika Anda panik dalam kondisi terburu-buru dan mendesak. Padahal, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kehilangan kunci motor.

    Daripada panik yang membuat hati tidak tenang, Anda bisa saja menggunakan kunci cadangan yang seharusnya sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa tukang kunci yang akan membuatkan kunci motor baru.

    Intinya, semua masalah pasti bisa diselesaikan, jadi Anda tidak perlu takut tidak ada jalan keluarnya ketika kehilangan kunci motor. Tidak perlu gelisah, karena motor akan segera menyala kembali dan Anda akan mendapatkan kunci lainnya untuk kendaraan tersebut.

    kunci_motor_hilang
  2. Gunakan Kunci Cadangan

    Baca Juga : Lampu Hazard untuk Sepeda Motor, Pentingkah?

    Orang cerdas pasti tidak asing dengan peribahasa sedia payung sebelum hujan. Hal ini ternyata juga berlaku untuk kunci motor yang hilang. Sebaiknya, Anda selalu menyediakan kunci cadangan ketika menyimpan kunci motor.

    Kunci cadangan adalah cara untuk menyelesaikan masalah jika kunci motor Anda hilang. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan kunci motor cadangan Anda di tempat yang aman dan mudah diingat.

    Hal ini bertujuan agar Anda mudah mengingat dan mengambilnya ketika membutuhkan kunci cadangan tersebut. Sebab, bisa jadi Anda lupa dimana menaruh kunci utama, atau tidak sengaja menghilangkan dan menjatuhkannya.

    Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

    Kunci cadangan adalah benda pertama yang paling sering diingat pada saat kehilangan kunci motor. Jadi, selalu siapkan kunci cadangan untuk motor Anda.

    Sebaiknya, Anda memiliki lebih dari satu kunci cadangan, agar dapat menyimpan satu dalam dompet dan yang lain ditinggal di rumah.

  3. Pakai Jasa Tukang Kunci

    Jika Anda tidak memiliki kunci cadangan, maka langkah yang dapat Anda lakukan ketika kehilangan kunci motor adalah dengan menggunakan jasa tukang kunci.

    Biasanya tukang kunci dapat dengan mudah membongkar kontak Anda dan membuat motor kembali menyala dengan kunci baru yang dibuatnya.

    Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi dealer motor karena biasanya dealer menyediakan layanan perbaikan atau penggantian kunci. Tidak hanya di dealer, ahli kunci pun sangat mudah Anda jumpai yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan.

    Berkaitan dengan pembuatan kunci, Anda membutuhkan surat kepemilikan kendaraan dan biaya tambahan untuk penggantian kunci. Adapun solusi yang paling murah disini  adalah mengganti mata atau gerigi di badan anak kunci.

    Setiap tukang kunci sudah pasti bisa melakukan hal tersebut. Tukang kunci nantinya juga akan mengubah bagian dalam rumah kunci agar kunci tetap sesuai dan dapat masuk ke dalam rumah kunci.

  4. Buat Kunci Duplikat

    Jika Anda tidak memiliki kunci cadangan, dan dealer tempat Anda membeli motor tidak menanggung garansi kunci, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminta dibuatkan kunci duplikat pada tukang kunci.

    Meskipun kunci utama hilang, tukang kunci yang terlatih tetap dapat membuatkan kunci duplikat untuk motor Anda. Tukang kunci hanya membutuhkan alat khusus seperti jarum untuk ditancapkan di lubang kunci motor Anda.

    Oleh karena itu, setelah motor Anda bisa dihidupkan, mintalah ke tukang kunci untuk segera membuatkan kunci duplikat. Hal ini bertujuan agar ketika Anda kehilangan kunci lagi, Anda tetap dapat menyalakan motor Anda dengan menggunakan kunci duplikat.

    Kunci duplikat juga penting untuk menekan biaya perbaikan atau pemanggilan jasa ahli kunci ketika Anda mengalami kunci motor hilang lagi. Namun, sebelum meminta dibuatkan kunci duplikat ini, siapkan budgetnya terlebih dahulu.

  5. Klaim Asuransi

    Saat ini beberapa asuransi sudah menawarkan layanan klaim kehilangan kunci yang bisa digunakan untuk mengantisipasi kehilangan kunci motor Anda. Dengan memanfaatkan klaim asuransi, Anda bisa mendapatkan kunci baru tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

    Kehilangan kunci kendaraan termasuk dalam perlindungan kendaraan bermotor, sehingga Anda dapat terbebas dari segala biaya penggantian kunci yang cukup mahal. Apalagi teknologi kunci saat ini yang semakin berkembang dan maju.

    Bagi Anda yang mengasuransikan motor, maka dapat melakukan klaim asuransi yang akan membantu mengganti kunci motor yang hilang. Akan tetapi, langkah ini membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan langsung menggunakan jasa tukang kunci.

    Penggunaan klaim asuransi akan sangat membantu saat Anda kehilangan kunci motor. Apalagi jika motor Anda adalah jenis motor keluaran terbaru yang tidak sembarang tukang kunci dapat membuatkan kunci cadangannya.

  6. Bongkar Sendiri

    Ada beberapa motor yang untuk menghidupkan mesinnya Anda tidak membutuhkan kunci. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda sangat terburu-buru dan tidak sempat lagi untuk memanggil tukang kunci ke rumah. Akan tetapi, cara ini memang berisiko.

    Jika Anda ingin melakukannya, pertama cobalah untuk memotong kabel yang menuju kunci, lalu sambungkan dua kabel yang Anda potong tersebut dan motor pun akan menyala.

    Nah, setelah selesai menggunakan motor untuk hal darurat tersebut, segeralah membawa motor ke tukang kunci dan mintalah dibuatkan duplikat dari kunci motor yang hilang.

  7. Manfaatkan Garansi

    Jika Anda mengalami kehilangan kedua kunci motor, yaitu kunci utama dan kunci cadangan, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah segera menghubungi dealer untuk mendapatkan garansi.

    Garansi sangat berguna untuk mempermudah Anda saat menggunakan kendaraan. Apalagi ketika Anda dihadapkan pada situasi sulit seperti kunci motor hilang, garansi pasti akan sangat membantu.

    Oleh karena itu, sebelum membeli kendaraan, pastikan dealer juga memberikan klaim garansi untuk kunci motor Anda.

    Garansi kunci hilang khusus diberikan pada Anda yang motornya masih memiliki hak untuk garansi. Jadi, ketika kehilangan kunci motor, Anda dapat meminta ganti atau kunci serep pada dealer motor tempat membeli.

    Perlu diketahui bahwa ada beberapa dealer yang nantinya akan meminta dana tambahan untuk mengganti biaya pembuatan kunci motor Anda. Sebab, bagaimanapun, kehilangan kunci adalah tanggung jawab pemilik sehingga akan lebih baik jika kunci dijaga dengan baik.

    Meski solusinya mudah, sebenarnya kehilangan kunci motor ini tetap merugikan. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda harus selalu berhati-hati saat menyimpannya. Pastikan juga untuk tidak menyepelekan kunci motor tersebut atau menaruhnya di sembarang tempat.

Berita Lainnya