Tips & Trik

Ketahui Ini Indikasi Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2020

Kampas Kopling Mobil

Putaran pada mesin yang di luar kondisi normal ini dapat menjadikan suhu mesin kendaraan meningkat secara drastis. Kondisi mobil yang panas akan mengurangi asupan untuk pengendara dan penumpang.

  • Pemindah Gigi Rasanya Keras

Tanda kopling mengalami aus atau habis selanjutnya adalah pemindah gigi rasanya lebih keras dan kaku. Kondisi kakunya pemindah gigi ini biasanya akibat dari mesin transmisi gigi mobil yang terus-terusan berputar.

Kerasnya pemindah gigi ini dapat dirasakan meskipun mobil dalam keadaan netral sekalipun. Kondisi tersebut dikarenakan transmisi giginya yang sukar terhubung. Tidak mudah terhubungnya transmisi ini diakibatkan oleh putaran mesin gigi yang tidak tepat.

  • Selip Kopling

Kopling mobil yang aus juga dapat ditandai dengan selipnya komponen ini. Kondisi ini lumrah terjadi pada mobil yang kampasnya sudah tidak bisa digunakan seperti biasanya. Hal ini tentunya mengganggu pengendara, terutama bagi yang tidak familiar dengan kerusakan ringan pada mobil.

  • Jarak Injak Pedal Kopling Lebih Pendek

Indikasi keausan dan habisnya clutch disc yang terakhir adalah jarak injak pedalnya yang lebih pendek. Kondisi memendeknya jarak injak pedal clutch disc ini akibat dari menipisnya kampas. Biasanya pedal kopling yang pendek dapat diukur karena keberadaanya sangat jauh dari lantai mobil.

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Karburator Banjir & Solusinya

Bahaya Jika Kampas Mobil Habis

Kondisi kampas clutch disc yang normal saat dioperasikan pengendara akan membuat mobil berjalan sebagaimana mestinya. Apabila kondisi clutch disc tidak normal, justru akan memicu hal sebaliknya, bahkan bisa menimbulkan kerugian bagi pengendara maupun penumpangnya.

Pengendara mobil yang bijak selain mengetahui tanda clutch disc yang aus dan habis juga perlu memperhatikan bahaya yang dapat terjadi karena hal tersebut. Bahaya tersebut salah satunya adalah mobil menjadi lebih lemah dan kurang bertenaga.

Kondisi mobil yang kurang bertenaga ini perlu diwaspadai saat pengendara melewati area tanjakan maupun lampu merah. Pada saat berada di lampu merah, kondisi ini dapat menjadikan mobil lebih berat digerakkan sehingga mobilitas terhambat dan merugikan kendaraan lain.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya