Tips & Trik

Ketahui Ini Indikasi Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2020

Kampas Kopling Mobil

Alat ini sangat membantu kinerja mesin dalam mentransfer tenaga dari mesin mobil menuju transmisi mobil. Bagian mobil satu ini juga menjadi penunjang agar mobil dapat berjalan dalam kondisi yang aman dan nyaman bagi penggunanya.

Bagian mobil ini sering mengalami keausan hingga terbakar karena masalah-masalah tertentu. Salah satu penyebab clutch disc aus dan terbakar adalah penggunaan dalam jangka serta pemakaian yang salah.

Penggunaan clutch disc yang salah dapat mengakibatkan bagian tersebut gosong. Kondisi ini mewajibkan pengendara menggantinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Supaya kondisi seperti ini tidak terjadi pengendara harus mengetahui beberapa tanda clutch disc aus atau habis berikut ini.

  • Akselerasi Lemah

Akselerasi lemah adalah tanda pertama kampas kopling mobil yang aus atau habis. Kondisi ini biasanya dapat diidentifikasi saat pengendara menginjak pedal gas mobil. Saat akselerasi lemah, pedal gas yang diinjak tidak mengakibatkan mobil melaju cepat namun menimbulkan suara decitan dan raungan mobil.

Melemahnya akselerasi ini dapat dikatakan juga sebagai kondisi macet sehingga mobil berhenti namun mesin hidup. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan kecelakaan di jalan, terlebih bila mobil melaju di area tanjakan karena akan berbahaya bagi kendaraan di belakangnya juga.

  • Berbau Gosong

Baca Juga : Perlukah Ganti Ban Motor Saat Musim Hujan?

Tanda berikutnya dari clutch disc yang aus atau habis adalah baunya yang gosong. Bau gosong yang timbul ini merupakan bentuk output dari clutch disc yang telah hangus. Clutch disc yang sudah hangus akan memenuhi seluruh ruang kabin sehingga bau gosongnya menguar.

Bau gosong yang muncul biasanya akibat dari gesekan clutch disc yang terlalu sering sehingga hangus. Bau ini juga dapat tercium jika pengendara menggunakan mobil melintasi tanjakan atau turunan yang curam.

kopling_mobil

  • Putaran Pada Mesin Tinggi

Tanda clutch disc aus dan habis berikutnya adalah putaran mesin yang tinggi. Kondisi putaran mesin yang tinggi ini biasanya dipicu oleh keadaan akselerasi mobil yang melemah serta permukaan pada kampas yang cenderung licin.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya