Tips & Trik

Waspada! Ini 5 Penyebab Kampas Kopling Mobil Keras

PUBLISHED DATE : 09 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-4-(1).jpg

Kopling berfungsi sebagai penghubung sekaligus pemutus daya antara perputaran mesin dengan transmisi. Komponen ini terletak di tengah sistem transmisi dan mesin mobil Anda. Layaknya komponen mobil lainnya, risiko kerusakan bisa terjadi seiring pemakaian apalagi jika pemilik mobil kerap abai untuk memeriksanya. Salah satu masalah paling umum yang terjadi pada bagian ini adalah kampas kopling yang menjadi keras. Apa saja hal yang memicu masalah ini? Berikut rangkumannya:

  • Kampas Kopling Sudah Tipis 

Pemicu utama kampas kopling mobil jadi keras adalah keberadaan kampas kopling sendiri yang sudah mulai menipis. Kampas yang terus terkikis akan membuat pedal jadi keras saat diinjak. Jika mengalami masalah ini, baiknya segera memperbaiki bagian kopling agar kerusakan tidak menyebar pada pada bagian mesin lainnya. Gantilah kampas kopling yang mulai tipis dengan yang baru dan pastikan komponen tersebut sesuai dengan mobil Anda

  • Kabel Kopling Kurang Pelumas

Kabel kopling yang tidak terlumasi dengan baik, biasanya akan jadi kering. Kabel yang kering inilah yang juga menjadi penyebab kampas kopling jadi keras dan susah diinjak yang sering terjadi. Kendala ini sering terjadi pada mobil bertransmisi manual, sebab pada mobil bertransmisi otomatis biasanya bekerja lewat tenaga hidrolik sehingga pelumasannya cenderung lebih terjaga. Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda melumasi kabel dengan oli khusus secara teratur. Lakukan juga penyetelan ulang pada kabel kopling untuk mendapatkan posisi yang paling sesuai dengan kaki Anda. 

  • Release Bearing Rusak

Baca Juga : Ketahui, Ini Macam Macam Alat Ukur Mekanik & Fungsinya

Komponen release bearing berperan sebagai pendorong pegas diafragma terdapat pada bagian cover clutch. Kerusakan pada release bearing menjadikan kopling mobil keras saat diinjak. Pemicu kerusakan release bearing biasanya karena mesin mobil terlalu panas. Jika release bearing rusak, Anda tidak bisa memperbaiki komponen ini. Satu-satunya cara mengatasinya adalah mengganti komponen ini dengan suku cadang yang baru..

  • Masa Pakai Cover Clutch Kadaluarsa

Pada komponen kampas kopling, terdapat bagian cover clutch atau juga kerap disebut dengan matahari kopling. Bagian ini memiliki usia pakai yang tergantung pada intensitas pemakaian kendaraan, semakin sering Anda berkendara maka cover clutch akan lebih cepat kadaluarsa. Pada kondisi ini, tekanan energi yang ada pada kampas kopling akan semakin melemah sehingga bagian pressure plate tidak bertugas dengan maksimum dan transmisi akan jadi keras saat digunakan. 

  • Kebiasaan Berkendara Yang Buruk

Penyebab kampas kopling keras yang terakhir adalah cara berkendara yang sembarangan. Contoh cara berkendara yang buruk misalnya seperti melepas kopling secara tiba-tiba sehingga perpindahan transmisi jadi tidak sempurna. Tak hanya menyebabkan kampas kopling jadi keras, kebiasaan ini juga bisa memicu kerusakan pada tuas kopling dan keseluruhan transmisinya. Jika sudah begini, tentunya aktivitas berkendara jadi terganggu. 

Baca Juga : Ingat, Selalu Pakai Alas Kaki Saat Mengemudi Mobil!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya