Tips & Trik

Ketahui Cara Pasang Skotlet Motor beserta Kelebihannya

PUBLISHED DATE : 07 April 2023

Unnamed (13)

Sebaiknya, jangan terlalu cepat mengeringkan air sabun dengan menggunakan kain lap atau spons, karena hal tersebut dapat merusak hasil pemasangan skotlet. Jika sudah mengering sendiri, barulah bersihkan bagian luar skotletnya dari kotoran.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Skotlet Motor

Memasang skotlet memang bisa menjadi solusi praktis untuk memodifikasi motor secara terjangkau. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya sebagai berikut: 

 

  • Bisa Menghilangkan Garansi Motor

 

Memasang skotlet pada bodi motor bisa menyebabkan hilangnya garansi yang diberikan oleh pabrikan atau dealer. Hal ini karena pemasangan skotlet dianggap sebagai modifikasi yang dapat mempengaruhi kinerja dan keamanan motor.

Jadi, sebelum memasang skotlet, pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan garansi motor yang berlaku. Apabila Anda siap dengan ketentuan garansi yang hilang, maka tidak masalah jika Anda ingin memasang skotlet.

 

  • Berisiko Menimbulkan Lecet

 

Pemasangan skotlet motor yang tidak dilakukan dengan benar dapat menimbulkan risiko lecet pada permukaan bodinya. Hal ini dapat terjadi jika skotlet terpasang terlalu ketat atau digosok dengan benda keras saat proses pemasangan.

Lecet pada bodi motor dapat membuat tampilan motor menjadi tidak sempurna dan mempengaruhi nilai jualnya jika suatu waktu Anda ingin menjualnya kembali. Karena itu, pastikan untuk memasang skotlet dengan hati-hati.

Baca Juga : Penyebab Sepeda Motor Turun Mesin

 

  • Dapat Merusak Warna Cat Asli

 

Selanjutnya, material skotlet yang tidak berkualitas atau prosedur pemasangan yang tidak benar dapat merusak warna cat asli bodi motor. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia pada lem skotlet yang dapat merusak cat asli pada bodi motor.

Jadi, pastikan untuk menggunakan skotlet yang berkualitas dan memasangnya dengan benar untuk meminimalkan risiko kerusakan warna cat asli. Selain itu, jangan terlalu banyak menggosokkan skotlet dengan keras saat proses pemasangan.

 

  • Dapat Menimbulkan Noda Bekas Lem

 

Terakhir, prosedur pelepasan skotlet yang tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan terbentuknya noda lem. Hal ini juga bisa terjadi jika lem skotlet terkena sinar matahari atau suhu yang tinggi dan mengering sebelum dipasang.

Noda lem ini sulit untuk dihilangkan dan dapat memengaruhi tampilan bodi motor. Namun, efek samping ini dapat dihindari dengan memilih skotlet dan jenis lem yang tepat, serta memasang skotlet pada suhu dan kondisi lingkungan yang sesuai.

4 tips di atas penting untuk diperhatikan saat akan memasang skotlet agar kondisi kendaraan Anda tetap terjaga. Sehingga ketika skotletnya dilepas, permukaan bodi motor tetap mulus dan terhindar dari risiko lecet maupun noda.

Selain itu, pastikan untuk mengikuti prosedur pemasangan skotlet motor yang benar agar hasilnya juga maksimal sesuai keinginan. Dapatkan informasi serta tips dan trik otomotif lainnya hanya di www.suzuki.co.id.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya