Tips & Trik

Catat Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

Ganti oli motor merupakan salah satu hal yang harus rutin dilakukan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan motor matic, penggantian oli ini sangat penting . 

Ganti oli motor merupakan salah satu hal yang harus Anda lakukan secara rutin. Apalagi bagi Anda yang menggunakan motor matic, penggantian oli ini sangat penting dilakukan secara berkala. Dalam hal ini, pastikan bahwa setiap jarak tempuh tertentu oli sudah diganti.

Jika tidak diganti, bisa saja hal tersebut akan berakibat pada performa mesin kendaraan. Namun demikian, kadang ada yang masih bingung kapan dan di jarak tempuh berapa oli tersebut perlu diganti. Lalu berapakah jarak tempuh ideal untuk mengganti oli motor matic? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Mengganti Oli Motor Matic

Manfaat mengganti oli pada motor matic ini di antaranya adalah menjaga performa mesin Anda agar selalu dalam kondisi prima. Artinya setiap Anda mengganti oli pada motor matic, maka performa mesin yang dihasilkan juga akan lebih bagus dan tentu lebih nyaman ketika digunakan.

Namun demikian, performa mesin ini juga akan ditentukan oleh jenis dan kualitas oli yang Anda gunakan. Semakin bagus kualitas oli, maka kondisi mesin Anda akan semakin baik pula ke depannya.

Manfaat lain yang juga bisa Anda dapatkan dari penggantian oli motor ini adalah menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih. Karena sering kali terjadi gesekan pada mesin yang memicu munculnya kotoran, maka oli yang tetap bagus kondisinya sangat diperlukan.

Melihat manfaat yang sudah dijelaskan, bisa disimpulkan bahwa mengganti oli mesin memang sangat penting. Hal ini harus menjadi perhatian utama secara berkala bagi pemilik kendaraan, khususnya motor matic.

Waktu Ganti Oli Untuk Motor Berdasarkan Jarak Tempuh

Sebelum mengganti pastikan terlebih dahulu Anda tahu bahwa ada dua jenis oli yang digunakan untuk motor matic, pertama oli gardan dan kedua oli mesin. Pastikan bahwa takaran yang dimasukkan ke dalam motor sudah benar. Perbandingan antara oli gardan dan mesin ini adalah 2:1.

  • Setiap 2000 KM

Ketika Anda melihat motor matic sudah mencapai jarak 2000 km, usahakan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru. Pasalnya oli yang ada di dalam motor dan sudah digunakan untuk jarak tempuh 2000 km tidak layak lagi dipakai karena bisa merusak komponen kendaraan.

Oleh sebab itu, Anda bisa langsung pergi ke bengkel untuk mengganti oli dengan yang baru. Oli yang baru akan membuat motor matic Anda tetap dalam kondisi prima sehingga tidak akan mendadak mati ketika digunakan.

  • Setiap 3000 KM

Kedua, ketika sudah mencapai jarak tempuh 3000 KM oli juga harus diganti dengan yang baru. Jadi Anda harus sering mengecek speedometer untuk melihat berapa jarak tempuh yang sudah Anda lalui, apakah mencapai 3000 km atau belum. Jika sudah, langsung ganti olinya dengan yang baru.

Biasanya motor yang sudah menempuh jarak hingga 3000 km itu sudah dipakai kurang lebih 2 bulan. Jangan sampai jarak tempuh motor Anda sudah melebihi 3000 km oli nya baru diganti dengan yang baru.

Hal ini akan membahayakan motor Anda yang suatu saat tiba-tiba mati mendadak.  Jika Anda orang yang mudah pelupa, usahakan untuk membuat catatan agar bisa rutin mengganti oli motor.

  • Penggantian Oli 2 Bulan Sekali Untuk Jarak Tempuh 20 – 50 KM

Mungkin Anda adalah tipe orang yang jarang keluar rumah, sehingga tidak terlalu sering memakai motor, mungkin hanya 20 sampai 50 kilometer saja. Namun hal itu bukan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak mengganti oli dengan yang baru. Anda harus tetap mengganti oli selama 2 bulan sekali.

Walaupun jarang dipakai, oli yang berada di dalam motor jika tidak segera diganti bisa merusak komponen dari kendaraan. Jadi agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima dan siap dipakai kapan saja dibutuhkan, Anda harus rutin menggantinya dengan oli baru.

  • Jika Dalam Satu Hari Kendaraan Menempuh Jarak 200 KM, Ganti 2 Minggu Sekali

Hati-hati jika Anda mengendarai motor dengan jarak tempuh mencapai 200 KM dalam sehari. Jika demikian, Anda harus mengganti oli selama dua minggu sekali. Selalu pastikan bahwa setiap 200 KM oli Anda sudah harus langsung diganti. Jadi ketika hendak digunakan lagi, tidak akan tiba-tiba mati.

Agar kondisi motor Anda tetap dalam kondisi yang prima, pastikan untuk memilih jenis oli berkualitas. Jika asal memilih ketika hendak ganti oli motor, bisa saja kendaraan Anda tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Tidak apa membayar dengan harga mahal, asalkan olinya berkualitas baik.

137946683_s

Tanda-tanda Oli Motor Harus Segera Diganti

Selain mencatat jadwal penggantian motor berdasarkan jarak tempuh atau jangka waktu tertentu, ada beberapa kondisi di mana Anda juga harus segera mengganti oli motor yang digunakan untuk tujuan atau medan tertentu. Demikian juga saat motor mengalami kondisi tertentu saat dikemudikan.

Anda harus lebih memperhatikan jika tanda-tanda atau kondisi ini sudah mulai muncul dan terasa. Dengan demikian perawatan terhadap oli motor pun akan lebih maksimal, dan motor Anda bisa lebih awet. Apalagi mengingat oli pada motor matic sangat penting peranannya. Berikut tanda yang dimaksud.

  • Saat Motor Sudah Terasa Berat

Ada tanda-tanda yang juga harus Anda perhatikan ketika oli motor sudah harus diganti dengan oli yang baru. Yang pertama adalah ketika Anda menariknya, rasa tarikannya sudah agak berat.

Tarikan yang berat ini terjadi karena Anda sering menaiki motor di jalan macet. Jadi jika sudah merasakan kondisi ini, Anda harus menggantinya dengan oli yang baru.

Lalu apa yang menjadi penyebab motor ketika ditarik terasa berat? Penyebabnya bisa karena Anda sering melewati jalanan yang macet atau motor selalu dipaksa dalam kecepatan yang tinggi. Kedua hal tersebut juga akan menjadikan oli motor Anda terasa panas.

Jangan sampai Anda membiarkan hal tersebut terlalu lama, karena akan menyebabkan kinerja motor menjadi berkurang. Alangkah baiknya untuk segera mengganti oli motor sebelum terlambat.

  • Saat Kendaraan Digunakan Melewati Jalanan Menanjak

Ganti oli motor matic dapat Anda lakukan ketika kendaraan sering dibawa melewati tanjakan. Pasalnya, jalanan menanjak bisa membuat oli di kendaraan menjadi cepat panas karena dipaksa untuk di gas terus. Oleh sebab itu, ada baiknya jika sudah sering dibawa ke jalanan menanjak, langsung diganti yang baru.

Anda memang harus memperhatikan hal yang satu ini. Jika sudah berulang kali dibawa di jalanan menanjak, langsung bawa motor Anda ke bengkel untuk ganti oli.

Jika Anda menggunakan motor matic jenis Suzuki, alangkah baiknya jika melakukan pergantian oli bengkel resmi terdekat. Biasanya orang bengkel akan memberikan motor Anda oli jenis ecstar, tentu dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Mengapa harus di dealer resmi Suzuki? Tujuannya agar pergantian oli motor bisa berlangsung cepat dan mengantisipasi kesalahan dalam pengisian.

Pasalnya ada takaran tertentu ketika mengisi oli antara oli mesin dan oli gardan, yakni 2:1. Biasanya, Anda juga akan mendapat catatan KM penggantian selanjutnya.

 

Berita Lainnya