Tips & Trik

Catat Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Address Suzuki

Hal ini akan membahayakan motor Anda yang suatu saat tiba-tiba mati mendadak.  Jika Anda orang yang mudah pelupa, usahakan untuk membuat catatan agar bisa rutin mengganti oli motor.

  • Penggantian Oli 2 Bulan Sekali Untuk Jarak Tempuh 20 – 50 KM

Mungkin Anda adalah tipe orang yang jarang keluar rumah, sehingga tidak terlalu sering memakai motor, mungkin hanya 20 sampai 50 kilometer saja. Namun hal itu bukan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak mengganti oli dengan yang baru. Anda harus tetap mengganti oli selama 2 bulan sekali.

Walaupun jarang dipakai, oli yang berada di dalam motor jika tidak segera diganti bisa merusak komponen dari kendaraan. Jadi agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima dan siap dipakai kapan saja dibutuhkan, Anda harus rutin menggantinya dengan oli baru.

  • Jika Dalam Satu Hari Kendaraan Menempuh Jarak 200 KM, Ganti 2 Minggu Sekali

Hati-hati jika Anda mengendarai motor dengan jarak tempuh mencapai 200 KM dalam sehari. Jika demikian, Anda harus mengganti oli selama dua minggu sekali. Selalu pastikan bahwa setiap 200 KM oli Anda sudah harus langsung diganti. Jadi ketika hendak digunakan lagi, tidak akan tiba-tiba mati.

Agar kondisi motor Anda tetap dalam kondisi yang prima, pastikan untuk memilih jenis oli berkualitas. Jika asal memilih ketika hendak ganti oli motor, bisa saja kendaraan Anda tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Tidak apa membayar dengan harga mahal, asalkan olinya berkualitas baik.

Baca Juga : Mari Mengenal Fungsi Gas Spontan Lebih Dalam

137946683_s

Tanda-tanda Oli Motor Harus Segera Diganti

Selain mencatat jadwal penggantian motor berdasarkan jarak tempuh atau jangka waktu tertentu, ada beberapa kondisi di mana Anda juga harus segera mengganti oli motor yang digunakan untuk tujuan atau medan tertentu. Demikian juga saat motor mengalami kondisi tertentu saat dikemudikan.

Anda harus lebih memperhatikan jika tanda-tanda atau kondisi ini sudah mulai muncul dan terasa. Dengan demikian perawatan terhadap oli motor pun akan lebih maksimal, dan motor Anda bisa lebih awet. Apalagi mengingat oli pada motor matic sangat penting peranannya. Berikut tanda yang dimaksud.

  • Saat Motor Sudah Terasa Berat

Ada tanda-tanda yang juga harus Anda perhatikan ketika oli motor sudah harus diganti dengan oli yang baru. Yang pertama adalah ketika Anda menariknya, rasa tarikannya sudah agak berat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya