Tips & Trik

Catat Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Address Suzuki

Manfaat mengganti oli pada motor matic ini di antaranya adalah menjaga performa mesin Anda agar selalu dalam kondisi prima. Artinya setiap Anda mengganti oli pada motor matic, maka performa mesin yang dihasilkan juga akan lebih bagus dan tentu lebih nyaman ketika digunakan.

Namun demikian, performa mesin ini juga akan ditentukan oleh jenis dan kualitas oli yang Anda gunakan. Semakin bagus kualitas oli, maka kondisi mesin Anda akan semakin baik pula ke depannya.

Manfaat lain yang juga bisa Anda dapatkan dari penggantian oli motor ini adalah menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih. Karena sering kali terjadi gesekan pada mesin yang memicu munculnya kotoran, maka oli yang tetap bagus kondisinya sangat diperlukan.

Melihat manfaat yang sudah dijelaskan, bisa disimpulkan bahwa mengganti oli mesin memang sangat penting. Hal ini harus menjadi perhatian utama secara berkala bagi pemilik kendaraan, khususnya motor matic.

Waktu Ganti Oli Untuk Motor Berdasarkan Jarak Tempuh

Sebelum mengganti pastikan terlebih dahulu Anda tahu bahwa ada dua jenis oli yang digunakan untuk motor matic, pertama oli gardan dan kedua oli mesin. Pastikan bahwa takaran yang dimasukkan ke dalam motor sudah benar. Perbandingan antara oli gardan dan mesin ini adalah 2:1.

  • Setiap 2000 KM

Baca Juga : Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

Ketika Anda melihat motor matic sudah mencapai jarak 2000 km, usahakan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru. Pasalnya oli yang ada di dalam motor dan sudah digunakan untuk jarak tempuh 2000 km tidak layak lagi dipakai karena bisa merusak komponen kendaraan.

Oleh sebab itu, Anda bisa langsung pergi ke bengkel untuk mengganti oli dengan yang baru. Oli yang baru akan membuat motor matic Anda tetap dalam kondisi prima sehingga tidak akan mendadak mati ketika digunakan.

  • Setiap 3000 KM

Kedua, ketika sudah mencapai jarak tempuh 3000 KM oli juga harus diganti dengan yang baru. Jadi Anda harus sering mengecek speedometer untuk melihat berapa jarak tempuh yang sudah Anda lalui, apakah mencapai 3000 km atau belum. Jika sudah, langsung ganti olinya dengan yang baru.

Biasanya motor yang sudah menempuh jarak hingga 3000 km itu sudah dipakai kurang lebih 2 bulan. Jangan sampai jarak tempuh motor Anda sudah melebihi 3000 km oli nya baru diganti dengan yang baru.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya