Tips & Trik

Ketahui Cara Pasang Skotlet Motor beserta Kelebihannya

PUBLISHED DATE : 07 April 2023

Unnamed (13)

Bagi penggemar otomotif, mengubah tampilan fisik kendaraan menjadi lebih menarik adalah hal biasa. Salah satu cara populer untuk mengubah tampilan kendaraan yang banyak dilakukan orang adalah dengan memasang  scotlite atau skotlet motor.

Hal ini karena mengecat ulang dan memodifikasi kendaraan langsung di bengkel umumnya sangat mahal dan butuh waktu lebih lama. Oleh karena itu, skotlet adalah solusi praktis untuk Anda yang ingin memodifikasi tampilan kendaraan dengan murah dan cepat.

Apa Itu Skotlet Motor dan Kelebihannya

Skotlet atau scotlite motor adalah sejenis stiker atau vinyl wrap yang digunakan untuk memperindah atau mengubah tampilan pada sepeda motor. Skotlet terdiri dari bahan dasar vinyl yang cukup fleksibel. Berikut ini beberapa kelebihan jika menggunakan skotlet:

 

  • Memberikan Tampilan Menarik

 

Salah satu kelebihan skotlet adalah dapat memberikan tampilan yang menarik pada motor. Dengan menggunakan skotlet, pengguna dapat mengubah warna atau pola pada kendaraannya sesuai dengan preferensi warna atau tema yang diinginkan.

 

  • Melindungi Cat Asli Motor

 

Selain memberikan tampilan yang menarik, skotlet juga dapat melindungi cat asli motor dari goresan atau kerusakan akibat benturan. Hal ini karena vinyl pada skotlet cukup tebal untuk melindungi dari benturan atau gesekan.

 

  • Menutupi Goresan Cat Motor

 

Jika motor Anda sudah pernah tergores atau memiliki baret, maka skotlet motor adalah solusi praktis untuk menutupi bekas goresan tersebut. Apalagi, harganya juga lebih murah dibandingkan mengecat ulang motor.

 

  • Mudah Dipasang dan Dilepas

 

Baca Juga : Tips Memilih Mesin Motor Tempel Suzuki Untuk Kapal Kecil

Stiker vinyl skotlet cukup fleksibel, sehingga mudah dipasang pada permukaan motor. Selain itu, pengguna juga dapat melepas skotlet dengan hati-hati agar tidak merusak cat asli pada kendaraannya.

 

  • Hemat Biaya

 

Biaya untuk mengganti cat motor bisa cukup mahal. Dengan menggunakan skotlet, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk memberikan sentuhan baru pada kendaraan Anda.

Cara Pasang Skotlet Motor yang Benar

 

Jika tidak dipasang dengan benar, skotlet justru dapat merusak cat asli motor dan membuat warnanya berubah atau terlihat lebih kusam. Selain itu, terdapat pula risiko bodi motor mengalami lecet dan terdapat sisa noda lengket dari proses pemasangan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memasang skotlet sendiri, perhatikan bagaimana prosedur memasang yang benar agar tidak merusak kondisi motor Anda. Berikut ini langkah-langkahnya:

 

  • Siapkan Peralatan dan Materialnya

 

Sebelum memulai proses pemasangan skotlet, pastikan untuk menyiapkan peralatan dan material yang diperlukan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan antara lain gunting atau cutter, penggaris, spatula, air sabun, serta kain lembut.

Sedangkan untuk materialnya, siapkan skotlet motor yang sudah dipilih sesuai dengan keinginan dan ukuran motor. Sebaiknya sebelum mulai memasang, siapkan dulu potongan skotletnya dengan menggunakan penggaris dan gunting atau cutter.

 

  • Bersihkan Permukaan Bodi Motor

 

Sebelum memasang skotlet, pastikan permukaan sepeda motor dalam keadaan bersih agar skotlet dapat menempel dengan baik. Bersihkan debu, kotoran, atau minyak yang ada pada permukaan motor dengan menggunakan kain lap atau spons yang lembut.

 

  • Lumuri Bodi Motor dengan Air Sabun

 

Setelah permukaan bodi motor dibersihkan, langkah selanjutnya adalah melumuri permukaan bodi motor dengan air sabun. Campurkan air bersih dengan sedikit sabun cuci piring atau sabun khusus pembersih kendaraan.

Tujuannya dari proses ini adalah untuk membuat permukaan bodi motor menjadi licin. Hal ini dapat membantu memudahkan proses pemasangan skotlet agar tidak saling menempel satu sama lainnya.

 

  • Tempelkan Skotlet dengan Hati-Hati

 

Tahap selanjutnya adalah menempelkan skotlet dengan hati-hati. Cara pasang skotlet motor yang benar adalah dengan segera menempelkannya setelah seluruh bodi sudah dilumuri air sabun.

Selain itu, pastikan bahwa tidak ada gelembung udara yang terjebak. Untuk memudahkan, Anda bisa memanfaatkan spatula sebagai alat meratakan tempelannya agar tidak ada gelembung udara, atau menusuk gelembung udaranya dengan jarum.

 

  • Biarkan Hingga Air Sabun Mengering

 

Setelah skotlet ditempelkan pada permukaan bodi motor, biarkan beberapa saat hingga air sabun mengering. Hal ini bertujuan untuk memastikan skotlet menempel dengan baik pada permukaan bodi motor dan tidak mudah terlepas.

Sebaiknya, jangan terlalu cepat mengeringkan air sabun dengan menggunakan kain lap atau spons, karena hal tersebut dapat merusak hasil pemasangan skotlet. Jika sudah mengering sendiri, barulah bersihkan bagian luar skotletnya dari kotoran.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Skotlet Motor

Memasang skotlet memang bisa menjadi solusi praktis untuk memodifikasi motor secara terjangkau. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya sebagai berikut: 

 

  • Bisa Menghilangkan Garansi Motor

 

Memasang skotlet pada bodi motor bisa menyebabkan hilangnya garansi yang diberikan oleh pabrikan atau dealer. Hal ini karena pemasangan skotlet dianggap sebagai modifikasi yang dapat mempengaruhi kinerja dan keamanan motor.

Baca Juga : Mencuci Mobil Masih Sembarangan? Ini Tipsnya!

Jadi, sebelum memasang skotlet, pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan garansi motor yang berlaku. Apabila Anda siap dengan ketentuan garansi yang hilang, maka tidak masalah jika Anda ingin memasang skotlet.

 

  • Berisiko Menimbulkan Lecet

 

Pemasangan skotlet motor yang tidak dilakukan dengan benar dapat menimbulkan risiko lecet pada permukaan bodinya. Hal ini dapat terjadi jika skotlet terpasang terlalu ketat atau digosok dengan benda keras saat proses pemasangan.

Lecet pada bodi motor dapat membuat tampilan motor menjadi tidak sempurna dan mempengaruhi nilai jualnya jika suatu waktu Anda ingin menjualnya kembali. Karena itu, pastikan untuk memasang skotlet dengan hati-hati.

 

  • Dapat Merusak Warna Cat Asli

 

Selanjutnya, material skotlet yang tidak berkualitas atau prosedur pemasangan yang tidak benar dapat merusak warna cat asli bodi motor. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia pada lem skotlet yang dapat merusak cat asli pada bodi motor.

Jadi, pastikan untuk menggunakan skotlet yang berkualitas dan memasangnya dengan benar untuk meminimalkan risiko kerusakan warna cat asli. Selain itu, jangan terlalu banyak menggosokkan skotlet dengan keras saat proses pemasangan.

 

  • Dapat Menimbulkan Noda Bekas Lem

 

Terakhir, prosedur pelepasan skotlet yang tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan terbentuknya noda lem. Hal ini juga bisa terjadi jika lem skotlet terkena sinar matahari atau suhu yang tinggi dan mengering sebelum dipasang.

Noda lem ini sulit untuk dihilangkan dan dapat memengaruhi tampilan bodi motor. Namun, efek samping ini dapat dihindari dengan memilih skotlet dan jenis lem yang tepat, serta memasang skotlet pada suhu dan kondisi lingkungan yang sesuai.

4 tips di atas penting untuk diperhatikan saat akan memasang skotlet agar kondisi kendaraan Anda tetap terjaga. Sehingga ketika skotletnya dilepas, permukaan bodi motor tetap mulus dan terhindar dari risiko lecet maupun noda.

Selain itu, pastikan untuk mengikuti prosedur pemasangan skotlet motor yang benar agar hasilnya juga maksimal sesuai keinginan. Dapatkan informasi serta tips dan trik otomotif lainnya hanya di www.suzuki.co.id.

Berita Lainnya

Kaki Kaki Mobil

Cara Merawat Kaki-kaki Mobil

Jika Anda memiliki kendaraan roda empat, tentu familiar dengan istilah kaki-kaki mobil. Ya, komponen ini terdiri dari berbagai rangkaian yang terletak di bawah mobil. Bagian rangka...

selengkapnya