Tips & Trik

Ketahui Alasan Kapal Tidak Tenggelam

PUBLISHED DATE : 14 Mei 2023

Kapal Tidak Tenggelam

Massa jenis pada kapal yang bisa membuat kapal tidak tenggelam juga bergantung dari jenis bahan yang digunakan. Secara umum, kapal baja dengan bobot yang berat. Namun, terdapat juga jenis kapal yang terbuat dari kayu, logam, dan juga besi.

Seperti contoh sebuah kubus pejal yang terbuat dari kayu memiliki ukuran yang sama dengan kubus dari logam. Namun keduanya memiliki massa jenis yang berbeda dimana massa jenis kubus kayu lebih kecil dibandingkan logam.

Apa Penyebab Kapal Bisa Tenggelam?

Meski kapal dirancang untuk bisa mengapung di atas perairan. Namun, beberapa kondisi darurat memungkinkan kapal bisa tenggelam. Beberapa penyebab kapal bisa tenggelam diantaranya adalah:

 

  • Kelebihan Jumlah Muatan

 

Setiap kapal memiliki daya tampung beban yang berbeda-beda sesuai dengan jenis spesifikasinya. Oleh sebab itu, jumlah muatan kapal harus normal agar kapal tidak tenggelam dan bisa beroperasi dengan aman.

Kelebihan muatan ini bisa saja menyebabkan kapal tidak seimbang saat dikendalikan. Akibatnya, kondisi ini bisa membuat kapal oleng dan tenggelam ke dalam perairan.

 

  • Cuaca Ekstrem

 

Faktor cuaca ekstrem juga bisa mempengaruhi perjalanan kapal. Beberapa kasus tragedi kapal yang telah terjadi sebagian besar diakibatkan faktor cuaca yang buruk.

Terlebih jika kapal berjalan melintasi lautan lepas dengan hempasan gelombang ombak yang tinggi. Hal ini mengakibatkan bagian badan pada kapal bocor dan mengalami kecelakaan fatal.

Baca Juga : Yuk Mengenal Jenis-Jenis Bahan Bakar Kapal Laut

 

  • Kondisi Kapal

 

Penyebab mengapa kapal bisa tenggelam selanjutnya adalah akibat kondisi kapal yang tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, pentingnya memperhatikan kondisi kapal sebelum melakukan perjalanan melintasi perairan.

Pastikan semua komponen kapal mulai dari mesin, pompa, alat keselamatan, dan lain-lain masih berfungsi dengan baik. Hal ini dapat mencegah resiko kecelakaan yang menyebabkan kapal tenggelam.

 

  • Pengalaman Nahkoda Kapal yang Minim

 

Salah satu alasan mengapa kapal tidak tenggelam bisa karena profesionalitas dari nahkoda kapal yang mengendalikan transportasi tersebut selama perjalanan. Sebab, pengalaman nahkoda sangat menentukan terhadap keselamatan perjalanan kapal.

Berbeda halnya jika nahkoda yang bertanggung jawab masih kurang berpengalaman dalam mengoperasikan kapal. Mereka cenderung akan mengalami kesulitan atau kendala mengambil keputusan terhadap kapal yang dikemudikannya.

Demikian penjelasan mengenai tentang alasan mengapa kapal tidak tenggelam. Penjelasan ini tentu sangat membantu agar Anda mampu memahami bagaimana alat transportasi ini bisa mengapung di atas perairan. 

Tentu hal ini perlu dipahami agar kita bisa meminimalisir kecelakaan pada tenggelamnya kapal yang diakibatkan kerusakan pada mesin, kelebihan jumlah muatan, hingga faktor cuaca yang ekstrem.

Bicara soal kapal, Anda dapat mempercayakan mesin tempelnya pada Suzuki. Terkait produk atau servis resmi, Anda dapat klik tautan ini!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya