Tips & Trik

Ketahui Alasan Kapal Tidak Tenggelam

PUBLISHED DATE : 14 Mei 2023

Kapal Tidak Tenggelam

Kapal merupakan salah satu transportasi air yang berfungsi untuk menampung barang dan penumpang. Sifatnya kapal tidak tenggelam karena bisa melewati sungai, rawa, dan laut yang luas sekalipun.

Alat transportasi ini terbuat dari besi dengan komponen lainnya seperti tiang, geladak, dan mesin agar kapal bergerak dan berlayar. 

Lantas, mengapa sebuah kapal yang terbuat dari besi itu bisa tidak tenggelam? Untuk mengetahui hal tersebut, ada beberapa yang sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu.

Apa Alasan Kapal Tidak Tenggelam?

Alasan kuat mengapa sebuah kapal bisa mengapung dan tidak tenggelam adalah karena adanya hukum Archimedes. Teori ini menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena massa jenis kapal lebih ringan dari massa jenis air.

Namun, sebelum memahami lebih lanjut bagaimana penjelasan mengapa kapal bisa tidak tenggelam. Perlu dimengerti terdahulu apa itu kapal secara definisi beserta dengan jenis-jenisnya.

Apa Itu Kapal?

Kapal ialah  kendaraan pengangkut penumpang dan barang di perairan. Dimana alat transportasi ini dikendalikan oleh seorang nahkoda dengan menggunakan tenaga penggerak seperti dayung, mesin, layar, dan lain-lain.

Jenis Kapal

Kapal sebenarnya memiliki banyak kriteria dan variasi yang berbeda-beda. Secara umum, jenis kapal terdiri dari 3 berdasarkan tenaga penggerak, jenis layar, dan fungsinya. Apa saja itu?

 

  • Tenaga Penggerak

 

Setidaknya terdapat 5 jenis kapal berdasarkan penggunaan tenaga penggeraknya, yaitu:

  • Kapal dayung
  • Kapal motor
  • Kapal layar
  • Kapal nuklir
  • Kapal api

 

  • Jenis Pelayaran

 

Sedangkan untuk kapal berdasarkan jenis pelayarannya, terdapat 4 jenis, yaitu:

  • Kapal bantalan udara
  • Kapal permukaan
  • Kapal mengambang
  • Kapal selam

 

  • Fungsi

 

Baca Juga : Ayo Mengenal Jangkar Kapal dan Apa Saja Jenisnya

Terdapat juga banyak jenis kapal yang dilihat berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah:

  • Kapal penumpang
  • Kapal feri
  • Kapal kargo
  • Kapal tanker
  • Kapal pemecah es
  • Kapal keruk
  • Kapal tender
  • Dan lain-lain.

Jenis-jenis kapal yang disebutkan memiliki fungsi dan cara bekerja yang beda-beda. Meski begitu, setiap kapal hingga saat ini masih menjadi pilihan transportasi air yang tepat untuk melakukan perjalanan. 

6 Alasan Kapal Tidak Tenggelam

Bagi sebagian orang tentu mempertanyakan bagaimana bisa sebuah kapal bisa tidak tenggelam saat berlayar. Lantas, apa saja alasan kapal menjadi tidak tenggelam? Berikut penjelasannya!

alasan_kapal_tidak_tenggelam

Dapat Memindahkan Air dalam Jumlah Besar

 

Seperti yang diketahui dimana kapal memiliki berat hingga ratusan ribu ton yang terbuat dari baja. Material baja ini lebih padat daripada air, namun tetap bisa mengapung. 

Hal ini juga disebabkan karena kapal besar dapat memindahkan air dengan jumlah yang sangat besar. Bandingkan saja dengan batu yang dilempar ke dalam air, tentu hasilnya berbeda. 

Batu dapat tenggelam karena benda tersebut lebih berat dibandingkan jumlah air yang dipindahkan. Karena batu hanya memindahkan sedikit air maka tidak bisa mengapung di atas air.

 

  • Massa Jenis Benda yang Lebih Kecil

 

Perlu diketahui juga bahwa sebuah benda akan mengapung, melayang, dan tenggelam ke dalam air dikarenakan massa jenis tersebut dibandingkan dengan massa jenis cairan tempat benda itu dicelupkan. 

Sehingga, benda akan mengapung jika massa jenis benda tersebut memiliki jumlah yang lebih kecil dari massa cairan.

Akibatnya, benda akan melayang karena massa jenis benda dan cairan memiliki jumlah yang sama. Namun, jika massa jenis benda lebih besar dari massa cairan, maka benda akan bisa tenggelam.

 

  • Pengaruh Massa Jenis

 

Massa jenis ini bisa mempengaruhi suatu benda dapat mengapung atau tenggelam. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, massa jenis ini merupakan perbandingan antara massa benda dan volumenya. 

Semakin kecil massa benda dan semakin besar volume benda tersebut, maka semakin kecil massa jenisnya.

Contoh, sebuah jarum dan kapal diletakkan ke dalam cairan dengan massa jenis yang sama. Maka, jarum bisa tenggelam karena memiliki massa jenis yang lebih besar dari massa jenis airnya. Dan massa tersebut lebih besar dari massa jenis kapal.

 

  • Memiliki Ruang yang Luas

 

Sebuah kapal bisa mengapung karena memiliki massa jenis kapal yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan kapal memiliki ruang luas beserta rongga udara yang menjadikan volume menjadi besar dan mengakibatkan massa jenis lebih menjadi kecil.

Berbeda dengan benda-benda yang lebih kecil seperti batu yang tidak memiliki ruang atau rongga udara yang luas. Sehingga benda-benda seperti ini dapat mudah tenggelam.

 

  • Memiliki Lambung Kapal dengan Volume Besar

 

Rahasia kapal bisa mengapung yang lainnya adalah alat transportasi ini memiliki bagian lambung untuk memberi volume yang besar. 

Besaran volume ini nantinya akan mendorong naiknya gaya. Hal tersebut nantinya gaya tersebut bisa mengapung meski menanggung beban yang sedikit.

 

  • Jenis Bahan

 

Massa jenis pada kapal yang bisa membuat kapal tidak tenggelam juga bergantung dari jenis bahan yang digunakan. Secara umum, kapal baja dengan bobot yang berat. Namun, terdapat juga jenis kapal yang terbuat dari kayu, logam, dan juga besi.

Seperti contoh sebuah kubus pejal yang terbuat dari kayu memiliki ukuran yang sama dengan kubus dari logam. Namun keduanya memiliki massa jenis yang berbeda dimana massa jenis kubus kayu lebih kecil dibandingkan logam.

Apa Penyebab Kapal Bisa Tenggelam?

Meski kapal dirancang untuk bisa mengapung di atas perairan. Namun, beberapa kondisi darurat memungkinkan kapal bisa tenggelam. Beberapa penyebab kapal bisa tenggelam diantaranya adalah:

 

  • Kelebihan Jumlah Muatan

 

Baca Juga : Perahu Karet: Pengertian, Manfaat, Hingga Jenisnya

Setiap kapal memiliki daya tampung beban yang berbeda-beda sesuai dengan jenis spesifikasinya. Oleh sebab itu, jumlah muatan kapal harus normal agar kapal tidak tenggelam dan bisa beroperasi dengan aman.

Kelebihan muatan ini bisa saja menyebabkan kapal tidak seimbang saat dikendalikan. Akibatnya, kondisi ini bisa membuat kapal oleng dan tenggelam ke dalam perairan.

 

  • Cuaca Ekstrem

 

Faktor cuaca ekstrem juga bisa mempengaruhi perjalanan kapal. Beberapa kasus tragedi kapal yang telah terjadi sebagian besar diakibatkan faktor cuaca yang buruk.

Terlebih jika kapal berjalan melintasi lautan lepas dengan hempasan gelombang ombak yang tinggi. Hal ini mengakibatkan bagian badan pada kapal bocor dan mengalami kecelakaan fatal.

 

  • Kondisi Kapal

 

Penyebab mengapa kapal bisa tenggelam selanjutnya adalah akibat kondisi kapal yang tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, pentingnya memperhatikan kondisi kapal sebelum melakukan perjalanan melintasi perairan.

Pastikan semua komponen kapal mulai dari mesin, pompa, alat keselamatan, dan lain-lain masih berfungsi dengan baik. Hal ini dapat mencegah resiko kecelakaan yang menyebabkan kapal tenggelam.

 

  • Pengalaman Nahkoda Kapal yang Minim

 

Salah satu alasan mengapa kapal tidak tenggelam bisa karena profesionalitas dari nahkoda kapal yang mengendalikan transportasi tersebut selama perjalanan. Sebab, pengalaman nahkoda sangat menentukan terhadap keselamatan perjalanan kapal.

Berbeda halnya jika nahkoda yang bertanggung jawab masih kurang berpengalaman dalam mengoperasikan kapal. Mereka cenderung akan mengalami kesulitan atau kendala mengambil keputusan terhadap kapal yang dikemudikannya.

Demikian penjelasan mengenai tentang alasan mengapa kapal tidak tenggelam. Penjelasan ini tentu sangat membantu agar Anda mampu memahami bagaimana alat transportasi ini bisa mengapung di atas perairan. 

Tentu hal ini perlu dipahami agar kita bisa meminimalisir kecelakaan pada tenggelamnya kapal yang diakibatkan kerusakan pada mesin, kelebihan jumlah muatan, hingga faktor cuaca yang ekstrem.

Bicara soal kapal, Anda dapat mempercayakan mesin tempelnya pada Suzuki. Terkait produk atau servis resmi, Anda dapat klik tautan ini!

Berita Lainnya