Tips & Trik

Ketahui Alasan Kapal Tidak Tenggelam

PUBLISHED DATE : 14 Mei 2023

Kapal Tidak Tenggelam

 

  • Massa Jenis Benda yang Lebih Kecil

 

Perlu diketahui juga bahwa sebuah benda akan mengapung, melayang, dan tenggelam ke dalam air dikarenakan massa jenis tersebut dibandingkan dengan massa jenis cairan tempat benda itu dicelupkan. 

Sehingga, benda akan mengapung jika massa jenis benda tersebut memiliki jumlah yang lebih kecil dari massa cairan.

Akibatnya, benda akan melayang karena massa jenis benda dan cairan memiliki jumlah yang sama. Namun, jika massa jenis benda lebih besar dari massa cairan, maka benda akan bisa tenggelam.

 

  • Pengaruh Massa Jenis

 

Massa jenis ini bisa mempengaruhi suatu benda dapat mengapung atau tenggelam. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, massa jenis ini merupakan perbandingan antara massa benda dan volumenya. 

Semakin kecil massa benda dan semakin besar volume benda tersebut, maka semakin kecil massa jenisnya.

Contoh, sebuah jarum dan kapal diletakkan ke dalam cairan dengan massa jenis yang sama. Maka, jarum bisa tenggelam karena memiliki massa jenis yang lebih besar dari massa jenis airnya. Dan massa tersebut lebih besar dari massa jenis kapal.

Baca Juga : Apa Itu Sertifikat Laut? Yuk Pelajari dan Tahu Cara Ceknya

 

  • Memiliki Ruang yang Luas

 

Sebuah kapal bisa mengapung karena memiliki massa jenis kapal yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan kapal memiliki ruang luas beserta rongga udara yang menjadikan volume menjadi besar dan mengakibatkan massa jenis lebih menjadi kecil.

Berbeda dengan benda-benda yang lebih kecil seperti batu yang tidak memiliki ruang atau rongga udara yang luas. Sehingga benda-benda seperti ini dapat mudah tenggelam.

 

  • Memiliki Lambung Kapal dengan Volume Besar

 

Rahasia kapal bisa mengapung yang lainnya adalah alat transportasi ini memiliki bagian lambung untuk memberi volume yang besar. 

Besaran volume ini nantinya akan mendorong naiknya gaya. Hal tersebut nantinya gaya tersebut bisa mengapung meski menanggung beban yang sedikit.

 

  • Jenis Bahan

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya