Tips & Trik

Ternyata Banyak, Ini Jenis Perahu Nelayan di Indonesia

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/perahu_nelayan_tradisional.jpg

Perahu nelayan pasti sering Anda lihat jika pergi ke suatu tempat seperti pantai atau laut. Perahu ini adalah kendaraan yang digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan.

Ternyata, perahu yang digunakan oleh para nelayan ini beraneka macam. Apa saja jenis perahu tersebut? Simak di bawah ini.

Daftar Jenis Perahu Nelayan

  • Kapal Pukat Hela

Kapal pukat hela adalah salah satu perahu nelayan yang sering digunakan untuk menangkap ikan dan terkadang langsung melakukan pengolahan baik diatas maupun dibawah dek, tergantung seberapa besar ukuran kapal tersebut. Ada beberapa jenis kapal yang satu ini seperti hela belakang dan samping.

Baca Juga : Mari Mengenal Awal Mula Terciptanya Kapal Selam

Adapun nama lain dari kapal pukat hela ini adalah trawler. Bagian dari kapal trawl ini sengaja dirancang untuk menangkap pukat. Adapun muatan yang bisa diletakkan di dalam kapal jenis trawl ini mencapai 200 gram.

Jenis lain dari kapal ini adalah pukat garuk yang biasa digunakan untuk mengambil kerang lalu. Cara untuk mengambil kerang yang ada di laut ini adalah dengan menghelanya lewat belakang.

  • Kapal Jaring Insang

Selanjutnya, yang termasuk ke dalam salah satu kendaraan untuk para nelayan adalah jaring insang. Kapal jenis ini biasanya digunakan oleh para nelayan untuk melakukan penangkapan ikan di laut terbuka. Jadi, jika nelayan ingin pergi ke laut lepas, kapal ini yang akan digunakan untuk menangkap ikan.

Baca Juga : Sekoci Kapal Penolong, Jenis dan Perlengkapannya

Kapal ini tidak didesain untuk banyak orang, dan hanya mampu memuat 7 sampai 12 pengemudi saja. Karena ukurannya yang kecil, jaring insang juga tidak bisa mengangkut banyak perlengkapan, hanya alat penangkap tertentu saja. Disini, ada 3 jenis jaring insang, yakni permukaan, pertengahan dan dasar.

  • Kapal Rawai

Perahu nelayan yang selanjutnya bernama kapal rawai. Kapal ini memiliki desain luar yang tampak mewah dan elegan. Di dalamnya juga telah dilengkapi dengan berbagai macam jenis penangkap ikan yang bertipe Jepang dan ada juga yang seperti milik orang Eropa.

Selain bentuknya yang agak mewah, kapal ini juga memiliki muatan yang lebih banyak dari jaring insang, yakni 10 sampai 25 orang. Adapun alat penangkap yang terdapat di dalam kapal ini diantaranya seperti palka, penarik tali, pelempar, dan pengatur.

  • Kapal Jaring Angkat

Baca Juga : Menarik, Ini Fungsi dan Jenis Alat Navigasi Kapal

Memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis kapal nelayan lainnya, jaring angkat mampu memuat banyak alat penangkap ikan. Seluruh alat yang digunakan untuk menangkap ikan dengan ukuran besar ini diatur rapi pada bagian geladak kapal. Selain itu, disediakan juga lampu sebagai alat untuk menarik ikan.

Lampu-lampu tersebut memang sengaja didesain agar ikan tertarik lalu muncul ke permukaan. Cara inilah yang digunakan oleh para nelayan supaya bisa menangkap lebih banyak ikan. Adapun istilah dari lampu di kapal tersebut adalah underwater fishing lamp.

perahu_nelayan

  • Kapal Pancing Joran

Perahu nelayan tradisional yang berikutnya adalah pancing joran. Kapal ini memiliki alat penangkap ikan yang dibuat khusus dari negeri bunga sakura. Mengapa memakai tipe Jepang? Karena proses menangkap ikan dilakukan di bagian haluan kapal.

Cara yang digunakan oleh para nelayan untuk bisa menarik minat ikan disini adalah menyediakan water sprayer dan tangki dengan umpan hidup di dalamnya. Kedua benda ini diletakkan di bagian buritan kapal. Adapun jumlah penumpang yang bisa menaiki kapal sendiri mencapai 30 orang.

Kapal pancing joran ada 3 jenis dengan anjungan yang bentuknya sama-sama menjorok ke bagian dalam perahu. Ketiga jenis tersebut adalah huhate perairan lepas pantai, perairan pantai, dan perairan samudera. Jadi, jika ingin pergi ke tempat yang berbeda, bisa memakai kapal sesuai jenisnya.

  • Perahu Jukung

Jenis lain yang juga biasanya menjadi kendaraan untuk para nelayan adalah perahu jukung. Biasanya, Anda akan melihat perahu ini di pinggir pantai dan memiliki warna yang sangat mencolok. Diantaranya ada kuning, hijau, orange dan sebagainya.

Kapal ini juga dilengkapi dengan sayap di sisi kanan dan kirinya. Selain itu, kapal jukung ini juga dilengkapi dengan roda di bagian bawahnya guna memudahkan dorongan ke dasar laut.

  • Perahu Kano
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya