Tips & Trik

Pantai dan Pesisir : Pengertian, Perbedaan, dan Manfaat

PUBLISHED DATE : 22 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/21220757_s.jpg

Pantai dan pesisir pantai merupakan tempat yang sering diartikan sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Pesisir dan pantai pun memiliki manfaat bagi kehidupan di sekitarnya. Simak ulasan lengkap berikut ini mengenai pengertian, manfaat, serta perbedaan dari pantai dan pesisir.

Pengertian Pantai dan Pesisir

Baca Juga : Ada Banyak, Inilah Alat Transportasi Laut

Pesisir merupakan suatu kawasan yang menjadi tempat dimana peristiwa pasang surut air laut terjadi. Pada saat air laut pasang, maka pesisir akan terendam oleh air dan tidak terlihat. Sementara jika air laut sedang surut pada daerah pesisir tidak akan terendam oleh air.

Sedangkan pantai merupakan daerah yang menjadi perbatasan antara lautan dan daratan secara langsung. Pantai terlihat seperti membentuk garis yang bersifat khayal sebagai penanda antara lautan dan daratan.

Garis pantai ini tidak terlihat, namun membatasi secara pasti wilayah lautan dengan daratan. Berdasarkan pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa pesisir dan pantai merupakan daerah yang saling berhubungan tetapi tidak sama.

Baca Juga : Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

Perbedaan Pantai dan Pesisirnya

Melihat dari pengertian pantai dan pesisir pantai yang tidak sama, tentu saja terdapat perbedaan lain di antara keduanya. 

Seperti apakah perbedaannya, mari cek di halaman berikutnya. 

Baca Juga : Ayo Mengenal Jangkar Kapal dan Apa Saja Jenisnya

______________________________________________________________________________________________Pertama, pesisir memiliki daerah yang sama panjang dengan pantai, tetapi keduanya mempunyai kelebaran yang berbeda.

Pantai yang curam bisa jadi memiliki pesisir dengan lebar puluhan meter. Namun, semakin curam pantai, maka pesisirnya juga kian sempit. Saat air laut surut, maka pesisir akan terlihat membentang sepanjang pantai.

Bentangan ini terlihat seperti pasir yang halus dan indah, sehingga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Sedangkan pada pantai curam, luas pesisirnya terbatas, sebab saat air lautnya naik akan terhalang di dinding yang membuatnya tidak dapat mengalir ke daratan lebih jauh lagi.

Manfaat Pantai dan Pesisir

122448591_s

Baik pesisir maupun pantai, keduanya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Simak ulasan berikut ini mengenai apa saja manfaat dari pesisir dan pantai yang perlu diketahui.

Tempat Hidup Flora dan Fauna

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya