Tips & Trik

Pantai dan Pesisir : Pengertian, Perbedaan, dan Manfaat

PUBLISHED DATE : 22 Maret 2022

21220757 S

Garis pantai ini tidak terlihat, namun membatasi secara pasti wilayah lautan dengan daratan. Berdasarkan pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa pesisir dan pantai merupakan daerah yang saling berhubungan tetapi tidak sama.

Perbedaan Pantai dan Pesisirnya

Melihat dari pengertian pantai dan pesisir pantai yang tidak sama, tentu saja terdapat perbedaan lain di antara keduanya. 

Seperti apakah perbedaannya, mari cek di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________Pertama, pesisir memiliki daerah yang sama panjang dengan pantai, tetapi keduanya mempunyai kelebaran yang berbeda.

Pantai yang curam bisa jadi memiliki pesisir dengan lebar puluhan meter. Namun, semakin curam pantai, maka pesisirnya juga kian sempit. Saat air laut surut, maka pesisir akan terlihat membentang sepanjang pantai.

Bentangan ini terlihat seperti pasir yang halus dan indah, sehingga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Sedangkan pada pantai curam, luas pesisirnya terbatas, sebab saat air lautnya naik akan terhalang di dinding yang membuatnya tidak dapat mengalir ke daratan lebih jauh lagi.

Manfaat Pantai dan Pesisir

122448591_s

Baca Juga : Ternyata Banyak, Ini Jenis Perahu Nelayan di Indonesia

Baik pesisir maupun pantai, keduanya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Simak ulasan berikut ini mengenai apa saja manfaat dari pesisir dan pantai yang perlu diketahui.

Tempat Hidup Flora dan Fauna

Manfaat pertama dari keduanya, yaitu menjadi habitat asli flora dan fauna yang hidupnya di sekitar lautan. Terdapat banyak hewan yang hidupnya bergantung pada air laut dan kawasan pantai. Fauna tersebut juga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Apa saja contoh fauna yang bermanfaat? Cek di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Hewan yang membutuhkan air laut serta kawasan pantai untuk bertahan hidup antara lain, kepiting, kerang, dan cumi-cumi. Manusia sering menangkapnya untuk dikonsumsi terutama oleh nelayan daerah pantai.

Oleh sebab itu, kawasan pantai dan laut perlu dijaga untuk membuat fauna tersebut tetap bisa berkembangbiak. Sebab, jika kawasan pantai bersih dan tidak dirusak, maka habitat asli hewan tetap terjaga, sehingga tidak perlu mencari tempat hidup lainnya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya