Tips & Trik

Pantai dan Pesisir : Pengertian, Perbedaan, dan Manfaat

PUBLISHED DATE : 22 Maret 2022

21220757 S

Pantai dan pesisir pantai merupakan tempat yang sering diartikan sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Pesisir dan pantai pun memiliki manfaat bagi kehidupan di sekitarnya. Simak ulasan lengkap berikut ini mengenai pengertian, manfaat, serta perbedaan dari pantai dan pesisir.

Pengertian Pantai dan Pesisir

Pesisir merupakan suatu kawasan yang menjadi tempat dimana peristiwa pasang surut air laut terjadi. Pada saat air laut pasang, maka pesisir akan terendam oleh air dan tidak terlihat. Sementara jika air laut sedang surut pada daerah pesisir tidak akan terendam oleh air.

Sedangkan pantai merupakan daerah yang menjadi perbatasan antara lautan dan daratan secara langsung. Pantai terlihat seperti membentuk garis yang bersifat khayal sebagai penanda antara lautan dan daratan.

Garis pantai ini tidak terlihat, namun membatasi secara pasti wilayah lautan dengan daratan. Berdasarkan pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa pesisir dan pantai merupakan daerah yang saling berhubungan tetapi tidak sama.

Perbedaan Pantai dan Pesisirnya

Melihat dari pengertian pantai dan pesisir pantai yang tidak sama, tentu saja terdapat perbedaan lain di antara keduanya. 

Seperti apakah perbedaannya, mari cek di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________Pertama, pesisir memiliki daerah yang sama panjang dengan pantai, tetapi keduanya mempunyai kelebaran yang berbeda.

Pantai yang curam bisa jadi memiliki pesisir dengan lebar puluhan meter. Namun, semakin curam pantai, maka pesisirnya juga kian sempit. Saat air laut surut, maka pesisir akan terlihat membentang sepanjang pantai.

Bentangan ini terlihat seperti pasir yang halus dan indah, sehingga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Sedangkan pada pantai curam, luas pesisirnya terbatas, sebab saat air lautnya naik akan terhalang di dinding yang membuatnya tidak dapat mengalir ke daratan lebih jauh lagi.

Manfaat Pantai dan Pesisir

Baca Juga : 10 Nama Pelabuhan di Indonesia yang Ramai

122448591_s

Baik pesisir maupun pantai, keduanya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Simak ulasan berikut ini mengenai apa saja manfaat dari pesisir dan pantai yang perlu diketahui.

Tempat Hidup Flora dan Fauna

Manfaat pertama dari keduanya, yaitu menjadi habitat asli flora dan fauna yang hidupnya di sekitar lautan. Terdapat banyak hewan yang hidupnya bergantung pada air laut dan kawasan pantai. Fauna tersebut juga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Apa saja contoh fauna yang bermanfaat? Cek di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Hewan yang membutuhkan air laut serta kawasan pantai untuk bertahan hidup antara lain, kepiting, kerang, dan cumi-cumi. Manusia sering menangkapnya untuk dikonsumsi terutama oleh nelayan daerah pantai.

Oleh sebab itu, kawasan pantai dan laut perlu dijaga untuk membuat fauna tersebut tetap bisa berkembangbiak. Sebab, jika kawasan pantai bersih dan tidak dirusak, maka habitat asli hewan tetap terjaga, sehingga tidak perlu mencari tempat hidup lainnya.

Mencegah Terjadinya Air Pasang

Berikutnya, pesisir pantai bermanfaat untuk mencegah terjadinya air pasang jika dilihat dari sisi ekologi. Garis pantai akan membuat air laut pasang tidak akan naik ke daratan yang bisa membahayakan kehidupan manusia di sekitarnya.

Air laut pasang akan tertahan dan hanya menggenangi wilayah pesisir saja tanpa melewati batas pantai. Akan tetapi, hal ini juga tidak selalu terjadi di semua kawasan pantai karena masih terdapat beberapa wilayah dengan kondisi daratan lebih rendah dibandingkan lautan.

Pada daerah tersebut akan cenderung memiliki potensi banjir yang lebih besar ketika air laut sedang pasang. Penduduk pada kawasan pantai yang lebih rendah tentu harus waspada dan memahami kapan waktu air laut pasang agar bisa berjaga.

Cek manfaat lain pantai dan pesisir di halaman berikutnya.

_____________________________________________________________________________________________

Sarana Pariwisata

Manfaat lainnya dari daerah pesisir dan pantai adalah sebagai kawasan pariwisata sekaligus sarana untuk liburan dan pariwisata. Saat ini sudah banyak kawasan pantai di seluruh Indonesia yang dibuka sebagai destinasi wisata.

Pantai merupakan destinasi wisata yang seakan tidak pernah sepi, terutama saat libur panjang. Banyak orang memilih berlibur ke pantai untuk bermain pasir dan menikmati kesegaran air laut. Selain itu, pemandangan yang menakjubkan juga menjadi alasan mengapa banyak yang suka wisata ke pantai.

Wisata pantai semakin naik daun karena tidak hanya dikunjungi oleh warga lokal, melainkan juga turis dari mancanegara.

Hal ini mendatangkan manfaat lain dimana kawasan wisata pesisir dan pantai bisa dijadikan sebagai sarana untuk menambah penghasilan warga sekitar.

Pertambakan Garam

Wilayah pesisir dan pantai yang luas ternyata juga bermanfaat untuk membuka pertambakan garam dapur. Apalagi di daerah yang kualitas air lautnya bagus, produksi garam di wilayah pesisir banyak menjadi mata pencaharian bagi penduduk di sekitarnya.

Biasanya, pertambakan garam ini dibuat di pesisir yang wilayahnya luas dengan memanfaatkan pasang surut air laut. Tambak garam di kawasan tertentu menjadi salah satu usaha utama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir.

_____________________________________________________________________________________________

Penghasil Kopra

Selain dijadikan sebagai tambak garam, daerah tepi pesisir pantai juga bisa ditanami pohon kelapa berjajar. Daerah ini mampu menghasilkan kopra dengan kualitas bagus yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kelapa mudanya juga bisa dijual kepada pengunjung yang sedang menikmati suasana pantai di tengah teriknya matahari. Daerah pesisir merupakan salah satu penghasil kopra dengan kualitas terbaik yang peminatnya pun tinggi.

Tempat Penangkapan Ikan

Tentunya sudah tidak asing lagi jika masyarakat sekitar pantai memanfaatkan kondisi wilayahnya untuk menjadi nelayan sebagai mata pencaharian. Masyarakat memanfaatkan kondisi pasang surut air laut untuk berlayar dan menangkap ikan.

Ada banyak jenis nelayan di pantai, mulai dari pemilik kapal besar hingga perahu kecil. Di kawasan lautan yang masih terjaga, maka hasil perikanannya akan melimpah. Hasil berlayar nelayan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai wilayah, tidak hanya penduduk lokal saja.

Baca Juga : Apa itu Pelaut dan Apa Bedanya dengan Marinir

Ekosistem Hutan Bakau

Wilayah pesisir juga bisa dijadikan sebagai area konservasi, terutama bakau yang memiliki banyak manfaat untuk wilayah daratan maupun lautan.

______________________________________________________________________________________________

Konservasi bakau ini bisa digunakan untuk mencegah terjadinya abrasi, yaitu kondisi dimana wilayah daratan semakin terkikis oleh air laut.

Selain itu, hutan bakau juga menjadi salah satu solusi untuk membantu menjaga air yang mengalir di daerah pesisir tetap jernih. Ekosistem hutan bakau yang sehat juga menjadi salah satu rantai makanan sebagai produsen untuk hewan laut.

Pelabuhan Laut

Berikutnya, wilayah pesisir dan pantai bisa bermanfaat untuk menjadi pelabuhan laut dengan sarana transportasi berupa kapal dan sampan.

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan wilayah pelabuhan yang dijadikan sebagai titik tunggu untuk mengikuti penyebrangan jalur laut.

Bahkan, banyak pelabuhan laut besar yang alat transportasinya menggunakan kapal canggih untuk menyebrang antar pulau. Tak hanya itu saja, di pelabuhan laut juga banyak dibangun pergudangan untuk menyimpan persediaan logistik atau komoditi yang dikirimkan ke luar daerah.

Pemukiman Penduduk

Satu lagi manfaat pesisir pantai, yaitu dijadikan sebagai pemukiman penduduk dengan penetapan batasan tertentu dari tepi laut. Selanjutnya, penduduk ini akan menjadikan wilayah pesisir dan pantai sebagai sumber mata pencahariannya.

Berbicara mengenai mata pencaharian di pesisir pantai, Anda para nelayan kini bisa memanfaatkan mesin outboard dari Suzuki untuk perahu.

Ini adalah salah satu produk inovatif Suzuki Marine yang menarik, dan hadir dengan kualitas tinggi. Suzuki juga menyediakan suku cadang lengkapnya.

Sampai disini, jika Anda mencari informasi lebih lanjut seputar produk tersebut, silahkan kunjungi homepage Suzuki Marine. Anda juga akan mendapatkan berbagai informasi lengkap seputar dunia kelautan disana. 

Berita Lainnya