Tips & Trik

Mengenal Laut Teritorial Indonesia dan Batasnya

PUBLISHED DATE : 28 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/42243576_s.jpg

Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat berlimpah, hal ini karena wilayah lautan luasnya hampir menyaingi daratan. Jika dilihat dari luas wilayahnya terdiri dari 5.445.675 km2 daratan dengan luas laut 3.544.744 km2. 

Apabila dilihat dari angka tersebut maka luas laut mencapai ⅔ dari luas daratannya. Indonesia yang termasuk negara dalam benua Asia ini pun berbatasan dengan negara lain baik itu di bagian darat maupun lautan. 

Laut teritorial adalah salah satu batas di wilayah laut yang dimiliki Indonesia. Seperti apa batas-batasnya? Lalu apakah hanya laut teritorial saja yang jadi pembatasan wilayah laut? Bagaimana dengan pembatasan di wilayah darat? Simak penjelasannya. 

Baca Juga : Yuk Ketahui Jenis Jenis Kapal Laut dan Fungsinya

Apa Itu Laut Teritorial? 

Pengertian laut teritorial adalah wilayah kedaulatan yang dimiliki oleh sebuah negara baik itu dari bagian pantai yang jadi daratannya hingga perairan pedalamannya. Khusus Indonesia yang memiliki wilayah laut sangat luas, maka laut teritorial juga termasuk jalur laut. 

Jalur tersebut berbatasan langsung dengan perairan dari kepulauan atau perairan internal. 

Baca Juga : Apa itu Kapal Supply? Ini Pengertian dan Fungsinya

Wilayah kedaulatan yang jadi batas wilayah bukan hanya bagian pedalaman laut tetapi juga meliputi ruang udara di atas laut. 

Selain Indonesia, negara yang memiliki laut teritorial adalah Filipina dan juga Jepang. Kedaulatan dari laut teritorial ini ditentukan dari Konvensi PBB mengenai hukum laut. Di mana perhitungannya berdasarkan lebar sabuk perairan pesisir. 

Lebar zona tersebut dapat diperpanjang hingga maksimal 12 mil laut atau sepanjang 22,224 km dari garis dasar laut. Setelah mengetahui bahwa laut teritorial adalah  wilayah kedaulatan bagian laut hingga udara di atas laut, lalu bagaimana dengan yang dimiliki Indonesia? 

Baca Juga : Ayo Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kapal

156128621_s

Batas Laut Teritorial dan Batas Laut Lain di Indonesia 

Indonesia termasuk negara kepulauan yang memiliki wilayah teritorial sebesar 8 juta km2 dan panjang garis pantainya sampai 81.000 km. Penduduk yang tinggal di kawasan pesisir pun mencapai 40 juta lebih. 

Dilihat dari hal ini, maka laut menjadi mata pencaharian yang penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di wilayah pesisir. Supaya mata pencaharian para nelayan tidak hilang, negara harus menjaga wilayah di perbatasan laut dengan negara lain. 

Pasalnya masih saja banyak nelayan asing yang mencari ikan di perairan Indonesia. Para warga asing tidak boleh mengambil ikan dan masuk ke batas wilayah kedaulatan negara tanpa izin. Menangkap ikan di wilayah laut Indonesia tanpa izin adalah perbuatan ilegal. 

Sebagai warga Indonesia Anda perlu tahu batas laut yang dimiliki Indonesia. Luas wilayah laut yang dimiliki oleh Indonesia diakui United Nation Convention of The Sea atau UNCLOS tahun 1982 sebagai Wawasan Nusantara. 

Luas perairan laut di Indonesia sendiri dibagi menjadi tiga jenis. Ketiganya menggunakan pengukuran berdasarkan penarikan garis dari pantai yang paling rendah saat surut. Batas akan ditarik hingga beberapa mil ke tengah laut. 

Berikut ini tiga jenis batas laut di Indonesia yang salah satunya adalah laut teritorial. 

  • Batas Laut Teritorial
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya