Tips & Trik

Kenali Lebih Dekat Apa itu Nozzle serta Fungsinya

PUBLISHED DATE : 13 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/161084643_s.jpg

Nozzle adalah sebuah komponen yang peranannya sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya yang utama adalah untuk mengatur arah dan karakteristik dari aliran fluida. 

Biasanya nozzle digunakan untuk meningkatkan kecepatan aliran fluida sesuai dengan tekanan yang diberikan. Nozzle digunakan dalam berbagai macam kemudian di banyak bidang. 

Mulai dari industri, perkebunan hingga otomotif. Kenali lebih jauh mengenai nozzle dari jenis sampai dengan pengaplikasiannya. 

Apa Itu Nozzle?

Baca Juga : Wahai Biker Ketahui 8 Fungsi Busi Motor dan Cara Kerjanya

Bentuk fisik dari nozzle adalah pipa atau tabung yang diameternya bervariasi disesuaikan dengan aplikasinya. Tabung ini nantinya akan mengarahkan fluida yang alirannya dimodifikasi ke bagian paling ujung.

Nozzle adalah bagian yang paling ujung di sebuah rangkaian dari selang atau tabung. Bisa dikatakan nozzle merupakan pintu dalam instrumen pemipaan.  

Baik itu cairan atau gas dapat memanfaatkan nozzle untuk menentukan aliran yang dihasilkan. Perangkat mekanis yang satu ini sengaja diciptakan supaya aliran fluida dari ruang tertutup ke beberapa media tertentu dapat diarahkan dengan benar. 

Baca Juga : Bukan Sekedar Aksesories, Ini Fungsi Utama High Mount Stop Lamp

Jadi secara umum, nozzle adalah komponen mekanis yang berbentuk saluran dan memiliki luas penampang bervariasi. Kecepatan fluida yang mengalir melalui nozzle ini bisa digunakan sementara sesuai dengan tekanannya. 

Fluida yang mengalir melalui nozzle akan lebih cepat namun tekanan yang dihasilkan bisa saja turun. 

Mengenal Fungsi Nozzle

Sebagai perangkat yang banyak digunakan, fungsi nozzle tentu sangatlah penting. Berbagai jenis mesin industri atau mesin kendaraan memanfaatkan nozzle dalam mengatur aliran fluida. 

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Oil Cooler, Jenis & Cara Kerjanya

Beberapa fungsi dari nozzle yang penting adalah sebagai berikut ini. 

  1. Nozzle adalah komponen yang akan mengontrol aliran fluida, baik dari segi arah dan juga tekanan yang dikeluarkan. 
  2. Nozzle memiliki fungsi untuk merubah energi tekanan serta panas menjadi energi kinetik. 
  3. Fungsi nozzle juga untuk mengarahkan pancaran jet fluida di sudut tertentu. Fungsi ini lebih dikenal dengan sebutan sudut nozzle. 
  4. Nozzle berperan besar pada mesin turbo karena mampu menghasilkan energi yang memanfaatkan energi kinetik dari fluida. Hal tersebut terjadi pada mesin turbin uap, air dan juga gas. 
  5.  Nozzle tidak hanya bisa digunakan untuk fluida jenis cairan atau air tetapi juga bisa mengatur aliran uap serta gas. 

Inilah fungsi dari nozzle yang tidak bisa disepelekan. Khususnya bagi Anda yang bekerja di bidang permesinan. Perangkat ini harus dijaga kualitasnya agar mesin dapat bekerja normal. 

Jenis-Jenis Nozzle

130649596_s

Karena nozzle adalah perangkat yang dapat digunakan untuk mengatur aliran air, gas dan uap, maka jenis perangkatnya pun dibedakan. Anda tidak bisa menggunakan nozzle jenis air untuk mengatur aliran uap atau gas. Begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, mengenali jenis nozzle apa yang sebaiknya digunakan sangatlah penting. Kenali jenis-jenisnya berikut ini. 

Jenis Nozzle Berdasarkan Bagiannya 

Pada jenis yang pertama ini Anda akan mengenal sesuai dengan bagian-bagian yang dimiliki oleh nozzle. Secara umum, ada tiga macam nozzle yaitu nozzle divergen, konvergen dan konvergen-divergen. 

Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenisnya. 

  1. Nozzle Konvergen

Nozzle jenis ini memiliki diameter aliran yang mengecil sejalan arah aliran fluida. Sesuai dengan bentuknya, nozzle ini berfungsi untuk mempercepat aliran fluida namun tidak lebih dari kecepatan suara di fluida. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya