Tips & Trik

Jangan Panik, Ini Penyebab Setir Mobil Berat & Solusinya

PUBLISHED DATE : 01 November 2021

1  Ertiga0920

Ketika belt putus maka power steering tidak akan bekerja dan setir terasa lebih berat. Cara mengatasi penyebab setir mobil berat adalah mengganti belt dengan yang baru jika putus. Namun jika kondisinya masih bagus, Anda hanya perlu membersihkannya dari oli.

    3. Masalah pada Steering Rack 

Penyebab setir mobil berat yang selanjutnya bisa terdapat pada komponen steering rack. Komponen ini memiliki banyak bagian dari rack seal, pinion gear dan rack gear. Bagian rack gear sendiri memiliki tiga jenis seal. 

Semua seal terhubung dengan power steering, ketika satu seal saja rusak maka tekanan hidrolik akan menurun. Seal yang rusak memicu kebocoran, oleh karena itulah setir akan terasa berat ketika digerakkan. 

Satu seal yang rusak, artinya Anda harus mengganti steering rack secara keseluruhan. Komponen power steering yang kompleks membuat penggantian komponen baru lebih baik dibandingkan harus memperbaiki salah satu seal saja. 

    4. Dua Roda Ban Depan Tidak Sejajar

Disebut juga sebagai Front Wheel Alignment (FWA), pengaturan posisi ban depan ini akan membuat setir jauh lebih ringan jika dilakukan dengan tepat. Roda akan berubah posisinya menjadi tidak sejajar akibat penggunaan terus menerus. 

Baca Juga : Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Ternyata Ini Penyebabnya

Posisinya bisa menjadi ke arah luar di bagian atas sehingga membuat setir terasa berat. Penyebab setir mobil berat ini bisa terjadi karena Anda jarang melakukan servis khususnya spooring

Mensejajarkan ban mobil kembali pada posisi yang sejajar akan membuat setir lebih stabil dan ringan. Spooring dan balancing adalah satu-satunya solusi untuk mengatur setir jadi ringan kembali jika penyebabnya adalah ban depan tidak sejajar.

    5. 
Komponen Long Tie Rod Rusak

Setir mobil akan berubah jadi berat ketika long tie rod atau inner tie rod mengalami kerusakan. Komponen besi panjang ini akan menghubungkan output dari rack steer pada steering knuckle. 

Ujung dari besi panjang ini adalah ball joint yang bekerja sebagai engsel dan pada bagian inilah kerusakan lebih sering terjadi. Penyebabnya bisa karena mobil Anda terlalu sering melewati jalanan rusak sambil berbelok. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya