Tips & Trik

Tips Pintar Memilih & Cara Pasang Kaca Film Mobil

PUBLISHED DATE : 09 September 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SUzuki_Ignis_(1)1.jpg

Manfaat Pasang Kaca Film Mobil

Pemasangan kaca film pada mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan serta pemilihannya harus teliti. Tujuannya agar kaca film bisa berfungsi dengan benar, apalagi ada banyak merek dan tingkat kegelapannya. 

Manfaat pasang kaca film mobil sendiri bukan sekedar untuk memberikan gaya saja, tetapi ada beberapa fungsi lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  1. Menahan panas ke dalam kabin

Baca Juga : Mudah, Ini Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Manfaat utama yang harus diketahui adalah sebagai solar control film. Lapisan kaca ini memiliki kemampuan untuk menyerap panas serta memantulkan sinar ultraviolet. Sehingga walaupun Anda sedang berkendara siang hari dengan panas terik, kabin tetap adem. 

    2. Menjaga privasi

Walaupun tidak semua kaca film memiliki tingkat gelap sampai 90%, namun setidaknya dengan warna gelap privasi akan lebih terjaga. Jadi selain nyaman ketika berkendara di  siang hari, privasi juga tetap aman. Khususnya untuk mobil dinas milik instansi tertentu. 

    3. Memberikan keamanan

Manfaat lainnya dari kaca film adalah juga menjaga keamanan dalam kabin. Apabila terjadi kecelakaan yang mengenai kaca, maka kaca film sanggung menahan serpihannya. Sehingga serpihan kaca tidak akan langsung berhamburan ke dalam kabin. 

    4. Dekoratif

Baca Juga : Kenali Tanda & Penyebab Oli Mobil Berkurang

Kaca film yang dekoratif memang tidak terlalu banyak dipilih, tapi untuk beberapa jenis mobil modif tentu sering digunakan. Sesuai dengan namanya, kaca film ini memiliki desain yang akan memperindah tampilan kaca mobil. 

SUzuki_Ignis__2_

Pertimbangan Tingkat Kegelapan Kaca Film Wajib Diperhatikan

Baca Juga : Yuk Mengenal Fungsi Filter Udara Mobil di Sini

Melihat manfaatnya yang begitu penting, Anda perlu mempertimbangkan untuk pasang kaca film mobil sesegera mungkin. Khususnya jika Anda membeli mobil bekas yang kaca film sebelumnya sudah mengalami kerusakan. 

Anda perlu memperhatikan soal garansi, karakter kaca film, kemampuannya menolak sinar UV, serta tentu saja menyesuaikan dengan budget. Dan jangan lupa juga untuk mempertimbangkan soal kegelapan dari kaca film itu sendiri. 

Dalam sebuah mobil biasanya tidak hanya dipasang satu jenis kaca film yang memiliki tingkat kegelapan sama. Pada bagian kaca pintu dan kaca depan biasanya tingkat kegelapannya berbeda. 

Aturan mengenai tingkat kegelapan kaca mobil juga diatur dalam PP no. 55 Tahun 2012. Adanya dasar hukum ini tentu perlu diikuti karena tujuannya bukan sekedar peraturan, tetapi juga menjaga keamanan pengendara. 

Bayangkan saja jika Anda memasang kaca film 90 persen pada bagian kaca depan. Pada saat siang hari Anda mungkin akan merasakan nyaman karena kabin tidak terasa panas. Namun bagaimana saat berkendara di malam hari? 

Kaca film yang terlalu gelap akan mengaburkan pandangan apalagi saat cuaca hujan. Hanya karena salah memilih tingkat kegelapan kaca film, maka kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Untuk menghindari hal inilah, maka sebaiknya ikuti aturan yang berlaku. 

Berikut ini beberapa pertimbangan saat memilih dan pasang kaca film mobil yang sesuai dengan peraturan undang-undang. 

  1. Kaca film harus tembus pandang

Bahan kaca film yang dipilih harus memiliki transparansi baik atau tembus pandang. Selain itu kaca film juga tidak boleh mudah pecah, baik itu kaca belakang, depan, atau samping. Kaca harus tembus pandang dari dalam ke luar, bisa juga sebaliknya. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya