Tips & Trik

Intip Ini Perbedaan Injector dan Carbon Cleaner

PUBLISHED DATE : 23 Maret 2021

Xl71

Harga pembersih injektor pada umumnya berkisar Rp 50.000,- hingga Rp 150.000,- sesuai dengan kualitas yang dimiliki cairan pembersih ini. Sedangkan harga pembersih karbon cenderung lebih murah daripada pembersih injektor. Pembersih karbon bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 30.000,-

Range harga tersebut sesuai dengan kadar kandungan zat yang terdapat di dalamnya. Untuk hasil pembersihan lebih bagus, jangan hanya dilihat dari harganya saja. Ikuti rekomendasi dari bengkel resmi kendaraan agar mesin kendaraan Anda selalu terjaga.

Resiko

Apapun yang digunakan secara berlebihan, tentu akan menimbulkan akibat yang kurang baik. Begitu pula dengan pemakaian injektor dan carbon cleaner ini. Resiko pemakaian kedua jenis perawatan kendaraan ini dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Pembersih Injektor

Penggunaan injector cleaner secara sembarangan dapat menimbulkan resiko yang berbahaya bagi motor injeksi. Untuk menyemprotkan cairan pembersih ini dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan agar tidak menimbulkan masalah.

Masalah yang dapat terjadi dari pembersihan yang sembarangan antara lain, motor akan kehilangan tenaga sehingga sulit dihidupkan.

Apabila dapat dihidupkan, kemungkinan kekuatan mesin menjadi rendah. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah motor dapat benar-benar mati, tidak dapat dihidupkan.

Baca Juga : Yuk Ketahui, Ini Manfaat Tune Up Mobil dan Motor

Selain penggunaan yang sembarangan, cairan ini juga tidak baik bagi kendaraan apabila cairan yang digunakan berkualitas rendah. Pembersih injektor berkualitas rendah memiliki kandungan aseton yang tinggi.

Zat kimia tersebut memang dapat membersihkan sisa pembakaran dengan baik. Harganya pun cenderung lebih murah. Akan tetapi zat ini dapat merusak logam dan cat kendaraan. Bahkan, bila kadarnya terlalu tinggi dapat merusak seal dan sensor sensitif pada kendaraan.

    2.Pembersih Karbon

Pembersihan karbon dengan cairan pembersih karbon dinilai sangat ampuh menghilangkan kerak karbon sehingga ruang pembakaran menjadi lebih bersih. Tapi terlalu sering melakukan pembersihan ini justru akan menimbulkan masalah pada kendaraan.

Apabila cara ini terlalu sering dilakukan, maka yang terangkat bukan hanya kerak karbon saja melainkan lapisan dari kepala piston. Terkikisnya lapisan kepala piston semakin lama akan semakin memperburuk kinerja komponen tersebut.

Untuk menghindari resiko yang diakibatkan dari proses pembersihan yang sembarangan, Anda dapat menggunakan produk original injector cleaner dari Suzuki untuk hasil yang maksimal. Dan percayakan perawatan kendaraan kesayangan Anda pada bengkel resmi Suzuki terdekat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya