Tips & Trik

Special Service Tool: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 22 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/kunci.jpg

SST atau Special Service Tool tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda pemilik kendaraan maupun para teknisi otomotif. Sebenarnya apa itu SST? Simak ulasan berikut untuk mengetahui pengertian SST beserta jenis dan fungsinya.

Pengertian SST

SST adalah kepanjangan dari Special Service Tool yang merupakan peralatan special yang dibuat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan perbaikan komponen otomotif. Fungsi peralatan ini tidak dapat digantikan dengan alat lain untuk mencegah kerusakan semakin parah.

SST yang terdapat pada kendaraan dapat berbeda-beda, sesuai dengan tipe atau merek kendaraan. Bahkan, secara spesifik SST adalah alat yang dibuat khusus oleh pabrikan mobil untuk memasang maupun melepas komponen mobil.

Baca Juga : Lampu motor LED Vs Lampu Halogen, Lebih Terang Mana?

Perbedaan SST antar tipe atau merek mobil ini disebabkan oleh beberapa komponen mobil yang manualnya dibuat sedikit berbeda, sehingga tidak dapat dipasang maupun dilepas menggunakan peralatan lain. 

Anda akan membutuhkan peralatan khusus pabrikannya. Meski demikian, ada juga SST universal yang dapat digunakan untuk hampir semua merek kendaraan.

Jenis-Jenis SST

Baca Juga : Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Spoiler Helm

service_tool

Berbagai jenis SST dapat Anda temui ketika memperbaiki komponen mobil Anda, baik SST khusus merek mobil Anda maupun universal. Beberapa jenis peralatan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Adjustable C Spanner/Fixed C Spanner

Adjustable C spanner berbentuk seperti box end wrench yang terpotong. Sebagai salah satu jenis SST, alat ini dapat membantu Anda melepas maupun memasang beberapa komponen seperti cylinder rod head, spanner nut, sprocket retaining nut, dan lain-lain.

  • Ball Joint Separator/Remover/Tracker Ball Joint

Baca Juga : Pulser Motor: Pengertian, Cara Kerja Serta Fungsinya

Ball joint separator disebut juga remover. Alat ini berfungsi untuk memisahkan ball joint yang ada di sistem kemudi dari dudukannya. 

Ball joint ini tersedia dalam tiga tipe, yaitu ball joint splitter puller, drafter ball joint splitter (fork), dan splitter scissor & amp. Meski berbeda, ketiga jenis tersebut memiliki fungsi sama.

  • Bearing Puller Attachment

Alat ini berfungsi untuk melepas bantalan pada komponen yang posisinya tidak dapat dijangkau dengan kaki puller. Cara penggunaannya, Anda cukup memasangnya pada bantalan, kemudian keraskan baut pengikat bearing splitter. Dengan demikian, bantalan akan terdesak dan terlepas dari tempatnya.

  • Camshaft Lock Holder

Camshaft lock holder berfungsi untuk membantu membuka dan mengencangkan baut pengikat camshaft sprocket. Pada proses pengencangan, alat ini dibantu dengan kunci momen sehingga katup atau valve tetap aman karena camshaft tidak akan ikut berputar.

  • Clamp-G

Clam G berfungsi sebagai penahan benda kerja agar tidak berubah posisi saat akan diikat atau dibentuk. Alat ini juga dapat menahan benda pada pengerjaan di meja sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan aman.

  • Clutch Aligning Tool

Fungsi alat ini adalah memposisikan kampas kopling atau clutch disk sehingga berada lurus di tengah sebelum mengencangkan baut plat penekan atau baut clutch cover. Posisi lurus ini akan membuat pemasangan input shaft transmisi ke clutch disk yang tertutup cover menjadi lebih mudah.

  • Coil Spring Compressor

Coil spring compressor berfungsi untuk memberi tekanan pada pegas coil shock absorber. Sejalan dengan pengertian special service tool sebagai alat bantu pasang atau melepas komponen, penekanan per shock dilakukan agar pegas memendek sehingga shock absorber mudah dilepas maupun dipasang.

  • Compression Tester

Salah satu jenis SST bernama compression tester ini berfungsi untuk mengukur tekanan kompresi silinder mesin. Alat ini akan menunjukkan pada Anda besarnya tekanan kompresi silinder mesin saat pengukuran.

  • Diesel Injector Tester
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya