Tips & Trik

Belum Tahu Tol Laut? Yuk Kenali Lebih Lanjut

PUBLISHED DATE : 30 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/jembatan_di_laut.jpg

Jika mendengar kata tol, tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Namun bagaimana dengan tol laut? Tol ini merupakan suatu inovasi baru yang dibangun untuk memudahkan para pengguna laut dalam berbagai aktivitas. Pembangunannya tentu berada di area laut. Konsepnya juga berbeda dengan tol biasa.

Mendengar pengoperasiannya di laut saja sudah sedikit mengerikan. Namun ternyata jenis tol ini sangat bermanfaat dan lebih efisien untuk para penggunanya. Kira-kira apa saja manfaat-manfaat yang diberikan dari pembangunan tol di atas laut ini? Yuk kita kenali lebih lanjut.

Pengertian Tol Laut

Pengertian tol laut adalah tol yang dibangun di atas permukaan laut berupa jalur layar. Tol ini merupakan konsep yang diusung guna mendukung proses pengangkutan logistik. Dengan begitu segala proses distribusi barang akan semakin mudah dan dapat lebih merata ke daerah-daerah terpencil.

Baca Juga : Mari Mengenal Kode Plat Nomor Motor Di Indonesia

Tidak seperti yang dibayangkan bahwa tol laut merupakan jalan bebas hambatan yang dibuat di atas laut. Namun lebih tepatnya adalah jalur pelayaran bebas hambatan kapal yang menghubungkan hampir seluruh pelabuhan. Jadi, seperti informasi jalur berlayarnya kapal yang tidak begitu padat.

Pembangunan fasilitas ini sudah gencar dibuat selama beberapa tahun terakhir. Contoh beberapa pelabuhan yang sudah terhubung dengan tol laut antara lain pelabuhan Tanjung Perak dengan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Sorong dengan Pelabuhan Tanjung Perak.

Kapal-kapal yang digunakan untuk melintasi jalur pelayaran bebas hambatan ini yaitu kapal khusus. Kapal tersebut harus berkapasitas dan bervolume sangat besar. Hal ini agar pengangkutannya sekalian karena melewati laut dengan jarak yang cukup jauh, yakni antar provinsi.

Baca Juga : Fungsi Avometer: Bagian, Jenis, dan Cara Kerjanya

jalan_sebelah_laut

Manfaat Tol Laut Untuk Berbagai Kepentingan

Karena merupakan sarana transportasi baru yang tidak umum dibangun, maka tidak heran banyak orang yang menanyakan apa sebenarnya manfaat pembangunan tol laut ini. Pasti di awal banyak yang mengira bahwa tol ini seperti jalan tol di darat, namun berada di atas laut.

Yang benar adalah sarana transportasi laut yang berupa jalur pelayaran yang bebas hambatan atau tidak padat. Semenjak awal dibangun, banyak sekali dampak positif yang dapat dirasakan baik oleh Pemerintah maupun masyarakat. Berikut adalah daftar manfaat tol laut yang perlu untuk diketahui.

  • Mewujudkan Konektivitas

Baca Juga : 9 Website Dealer Suzuki Resmi Diluncurkan, Apa Saja Fiturnya?

Pembangunan jenis tol di laut ini guna mewujudkan konektivitas atau menghubungkan segala hal dengan mudah dan cepat. Misalnya saja mendistribusikan bahan pangan dan pokok ke wilayah paling Barat dan Timur Indonesia.

Dengan begitu ketidakpastian akan ketersediaan barang akan dapat dipenuhi secepatnya melalui jalur laut yang bebas hambatan. Kesenjangan harga barang tidak akan setinggi sebelumnya karena kapal-kapal penyedia stok bahan pangan lebih cepat dan mudah berlayar.

  • Menurunkan Harga Barang Di Daerah Tertinggal

Manfaat ini paling dibutuhkan bagi daerah tertinggal, terpencil atau pelosok. Harga dan ketersediaan barang-barang pokok tidak akan semudah dan terjangkau seperti di Jawa. Untuk menyalurkan bahan pokok ke daerah luar Jawa, harus melalui jarak antar pulau yaitu melewati lautan.

Waktu yang lama untuk kapal dalam menyalurkan barang tersebut membuat harga jual bahan pokok di daerah luar Jawa menjadi mahal. Hal tersebut juga karena prosesnya yang sulit. Dengan adanya tol laut, kapal-kapal akan lebih cepat bermuara ke tempat tujuan.

Maka harga akan cenderung turun karena trayek laut yang semakin mudah. Seperti pada tahun 2018, harga-harga barang di beberapa lokasi sudah turun 20-30 persen. Penurunan harga ini baru terjadi di wilayah sekitar pelabuhan, dan belum terlalu terealisasi di daerah pedalaman.

  • Mewujudkan NawaCita Pertama

Salah satu poin utama pembangunan tol laut ini adalah memperkuat jati diri bangsa sebagai negara maritim terbesar di dunia. Julukan ini justru kurang sesuai jika perekonomian dan kebutuhan masyarakatnya masih sulit dipenuhi, terutama yang melalui jalur laut.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. Maka dengan adanya program jalur layar bebas hambatan ini, segala kepentingan yang membutuhkan perlintasan di laut bisa berjalan lebih mudah. Tentunya, hal ini dapat menguntungkan banyak pihak.

Sangat tidak sesuai bukan jika negara maritim tapi kebutuhan bahan pokok belum terpenuhi secara sempurna. Sedangkan negara maritim yaitu negara dengan sumber daya alam lautan yang begitu banyak. 

  • Meningkatkan Kesejahteraan Semua Lapisan Masyarakat
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya