Tips & Trik

Belum Tahu Tol Laut? Yuk Kenali Lebih Lanjut

PUBLISHED DATE : 30 Juni 2021

Jembatan Di Laut

Dengan dibuatnya jalur berlayar bebas hambatan, maka negara maritim seperti Indonesia akan lebih mampu memenuhi segala aktivitas yang beroperasi melalui laut. Pihak pemerintah akan bisa mengelola dan mengontrol segala aktivitas laut secara mandiri.

Selain itu, kemudahan pendistribusian bahan pangan atau bahan pokok di negara sendiri yang mudah akan meminimalisir impor dari negara lain. Hal ini karena kebutuhan masyarakat bisa diusahakan sudah terpenuhi dan merata. Jika memang masih kurang, maka bisa impor sesuai kebutuhan.

  • Meningkatkan Jumlah Pendapatan

Pembangunan tol laut yang bisa menjadi jalur konektivitas antar pelabuhan-pelabuhan besar juga bisa meningkatkan jumlah pendapatan. Fasilitas tambahan sudah ditambahkan seperti pusat lelang ikan dan semacamnya, sehingga bisa dimanfaatkan dan dikembangkan lebih besar lagi.

Masyarakat terutama nelayan akan diuntungkan dengan fasilitas di jalur laut tersebut. Nelayan bisa menjual ikan dalam jumlah yang lebih banyak untuk didistribusikan ke beberapa kapal besar yang sedang melintas. 

  • Peningkatan Pembangunan Infrastruktur

Penyediaaan jalur laut ini juga bisa memberi kesempatan untuk dimanfaatkan, misalnya saja untuk perdagangan. Jalur ini sangat bisa dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas lain di wilayah laut yang bisa dimanfaatkan. 

Baca Juga : Mesin Diesel Diisi Bensin? Ini Akibatnya!

Infrastruktur lain juga akan ikut diperbaiki dengan adanya program tol laut ini. Misalnya saja fasilitas yang ada di pelabuhan seperti dermaga. Infrastruktur itu juga akan lebih diperhatikan lagi karena menjadi tempat beraktivitasnya perdagangan dan pendistribusian barang.

  • Mengurangi Pengangguran

Manfaat yang terakhir adalah dapat mengurangi angka pengangguran. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Alasannya adalah ketersediaan komoditas atau barang akan merata. Harga juga akan mengalami penurunan.

Dengan begitu, hal ini bisa memfasilitasi pemasaran produk di daratan atau wilayah-wilayah yang menerima. Para pedagang bisa sedikit mengambil keuntungan dari penjualan, karena harga belinya sudah tidak tinggi. 

Hal ini bisa meningkatkan investasi daerah. Penyebabnya yaitu peningkatan nilai tambah yang terjadi akibat muatan balik. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat juga akan meningkatkan pendapatan serta pembangunan infrastruktur di sekitarnya.

Sangat menarik dan menguntungkan bukan keberadaan tol laut ini?  Tol laut adalah sarana yang sangat berpengaruh terutama di bidang perdagangan. Tak hanya itu, tol ini juga bermanfaat bagi berbagai aktivitas seperti yang telah dijelaskan di atas.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya