Tips & Trik

Ini Fungsi Dwell Tester: Cara Membaca & Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 19 Januari 2022

127573757 S

Sedangkan untuk mesin 6 silinder, menggunakan skala 6 silinder. Pada mesin 4 silinder, bisa menggunakan skala 8 silinder, dikalikan dua. Skala pada alat ukur ini terbagi dua, yaitu skala tach dan skala dwell.

Skala tach digunakan untuk mengukur RPM atau putaran mesin pada kendaraan. Skala dwell ada di bagian bawah, yang menunjukkan hasil untuk pengukuran sudut dwell.

  • Sekrup Penyetel

Sekrup penyetel merupakan komponen yang berkaitan dengan jarum penunjuk. 

Fungsinya untuk kalibrasi atau mengatur jarum penunjuk agar tepat berada di angka nol. Jadi hasil pengukuran menggunakan alat ini bisa akurat dan sesuai dengan tipe kendaraan.

  • Selector

Dwell tester biasanya dijadikan satu dengan tachometer, sehingga untuk melakukan pengukuran menggunakan alat ini harus diubah dulu modenya. Selector digunakan untuk mengubah alat ukur ini menjadi ukuran RPM atau posisi dwell.

  • Kabel Merah

Fungsi dari kabel merah sebagai tolak ukur sinyal tegangan dari koil yang menuju kontak platina. Kontak ini akan tertutup jika tegangan disalurkan massa dari koil, jadi tegangan bisa muncul.

  • Kabel Hitam

Hampir sama dengan kabel merah, fungsi dari kabel hitam ini sebagai ground atau massa. Pada alat ukur kabel ini dihubungkan pada bodi kendaraan atau negatif baterai.

Cara Menggunakan Dwell Tester

Baca Juga : Tips Bebas Stres Berkendara di Jalanan yang Macet

Alat ini sangat mudah digunakan, hanya saja alat ini menjadi satu dengan tachometer, sehingga menggunakannya harus disetel ke ukuran dwell dulu. Cara menggunakan dwell tester sebagai berikut.

  • Persiapkan Alat dan Lakukan Kalibrasi

Langkah pertama untuk menggunakan alat ukur ini adalah persiapkan dulu peralatannya. Setelah itu lakukan kalibrasi atau penyetelan. 

  • Menyetel Sudut Dwell

Cara menyetel sudut dwell dengan melihat skala pengukuran dwell, pastikan jarum penunjukkan berada di angka nol.

Jika belum berada di angka nol, lakukan penyetelan pada sekrup penyetelan. Penyetelan bisa menggunakan obeng minus untuk memastikan jarum penunjuk berada di angka nol.

Menyetel sudut dwell bisa dilakukan dengan memperkecil celah platina, yang akan membuat sudut dwell semakin besar.

Jika ingin memperkecil sudut bisa dilakukan dengan memperbesar celah platina. Setel sesuai dengan kebutuhan.

  • Memasang Kabel Merah dan Hitam

Kabel merah pada alat ukur dipasang terminal distributor pengapian atau bisa juga dipasang pada terminal negatif koil.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Air Radiator Motor

Tips Mengisi Air Radiator Motor

Pada dunia otomotif, menjaga performa mesin kendaraan menjadi kunci utama bagi pengalaman berkendara yang optimal. Salah satu aspek kritis yang memengaruhi hal tersebut adalah ting...

selengkapnya