Tips Bebas Stres Berkendara di Jalanan yang Macet

21 Juni 2018
Share to

Ujian menghadapi jalanan yang penuh sesak khas kota-kota besar di Indonesia tidak hanya keterampilan dalam mengemudi, dan kecermatan dalam memanfaatkan setiap celah saja. Lebih dari itu, Anda pun dituntut untuk sabar dan mampu mengendalikan emosi saat terjebak macet.

Nah, biar perjalanan Anda lebih nyaman dan jauh dari risiko stres, berikut merupakan beberapa trik agar terbebas dari stres saat terjebak macet.

Disiplin Mematuhi Rambu Lalu-Lintas

Rambu lalu-lintas merupakan informasi peraturan yang sudah dirancang untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Selain itu, rambu lalu-lintas pun berguna untuk menjamin kelancaran dan ketertiban arus lalu-lintas, mengurangi risiko kecelakaan dan lainnya.

Makanya, penting untuk mematuhi rambu-rambu ini. Misalnya, saat Anda melihat rambu larangan parkir, maka jangan pernah memarkirkan mobil di sana.

Berangkat Lebih Awal

Macet bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena semua orang menggunakan jalan yang sama di satu waktu. Makanya, untuk mencegah Anda terjebak macet, sebaiknya berangkatlah lebih awal. Kalaupun masih terjebak macet, setidaknya Anda tidak perlu khawatir lagi kesiangan.

Untuk waktu pulangnya, Anda bisa pulang lebih sore atau lebih malah ketimbang lainnya dan manfaatkan waktu di kantor untuk keperluan yang produktif.

Coba Rute Alternatif

Sesekali, cobalah untuk mencari jalur atau rute alternatif menuju tempat tujuan. Makin banyak jalur alternatif yang bisa Anda akses, makin kecil pula risiko Anda terjebak macet. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi GPS, google Map, Waze dan lainnya.

Keuntungan lainnya, aplikasi seperti Google Map dan Waze, kini punya fitur yang memberi Anda informasi jalan mana saja yang macet, beserta rute alternatifnya.

Sediakan Camilan dan Musik

Lapar bikin rese. Mungkin istilah bukan hanya isapan jempol. Beberapa penelitian membuktikan jika emosi akan mudah meledak saat perut merasa lapar. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa menyediakan camilan di dalam mobil, seperti kacang rebus, kacang panggang dan lainnya.

Untuk membangkitkan mood, manfaatkan fasilitas audio mobil untuk memutar lagu-lagu favorit Anda. Tapi ingat, pastikan volume sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!