Tips & Trik

Tips Bebas Stres Berkendara di Jalanan yang Macet

PUBLISHED DATE : 22 Januari 2024

Berkendara Di Jalanan Macet

Di kota-kota besar macet menjadi hal biasa yang lumrah terjadi terutama di wilayah ibukota. Orang yang belum terbiasa berkendara di jalanan macet pasti merasa stres karena dituntut untuk bersabar.

Mengendalikan stres saat berada di kemacetan memang tidak mudah. Selain dituntut untuk bersabar pengendara juga harus bisa meredam emosi saat berselisih dengan pengemudi lain. Berikut beberapa tips bebas stres saat mengemudi di kemacetan. 

Tips Berkendara di Jalanan Macet Agar Nyaman dan Aman

Selain membutuhkan keterampilan menyetir yang mumpuni, Anda juga butuh kemampuan dalam mengontrol diri agar tidak mudah stres dan marah. Supaya terhindar dari rasa stres ada baiknya bila Anda mengikuti tips berikut ini. 

  •  Selalu Mematuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

Mematuhi aturan lalu lintas merupakan hal utama yang harus dikedepankan agar perjalanan berjalan lancar dan sampai tujuan dengan selamat. 

Selain untuk kenyamanan diri sendiri, mematuhi rambu-rambu lalu lintas juga bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan lainnya.

Serta menciptakan pengalaman berkendara yang tertib dan teratur. Rambu-rambu lalu lintas dirancang secara khusus untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengendara. 

Dengan mematuhinya Anda dapat berkendara dengan nyaman dan terhindar dari rasa stres akibat berselisih dengan pengendara lain.

Orang yang sering melanggar aturan lalu lintas biasanya lebih rentan mengalami pertengkaran karena mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara lain. Secara tidak langsung masalah tersebut dapat memicu rasa stres karena terjadi percekcokan. 

  •  Berangkat Lebih Pagi

Baca Juga : Tips Mengoptimalkan Performa dan Efisiensi New XL7 Hybrid

Macet menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang datang terlambat, sehingga mau tidak mau harus berangkat lebih awal jika tidak ingin mengalami hal tersebut. Terjebak macet saat perjalanan menuju acara penting terkadang membuat sebagian besar orang merasa stres.

Berangkat lebih pagi membuat perasaan lebih tenang karena ada banyak waktu untuk menuju ke lokasi. 

Meskipun berkendara di jalanan macet Anda tidak perlu khawatir telat karena waktunya masih panjang. Dengan begitu, berkendara bisa lebih santai dan stres akan berkurang. 

  •  Mencari Rute Lain

Jika tidak bisa berangkat lebih pagi, Anda bisa mencari rute jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Semakin banyak jalur alternatif yang bisa dilewati maka akan semakin mudah Anda terhindar dari macet. 

Jika tidak pernah mencoba cara ini Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi maps seperti Waze, Google Maps, dan lainnya. Selain membantu mencari jalan pintas, aplikasi tersebut juga menyajikan informasi jalan mana saja yang sedang mengalami kemacetan.  

  • Menata Posisi Duduk

Rasa stres saat berkendara di jalanan macet juga bisa dipicu karena tubuh yang terlalu lelah menyetir mobil. Agar tidak terlalu capek posisikan tubuh senyaman mungkin agar punggung dan kaki tidak pegal-pegal. 

Selain menimbulkan rasa lelah dan stres, posisi duduk yang tidak nyaman juga dapat mengganggu fokus saat berkendara. Sebelum berangkat atur setelan kursi terlebih dahulu agar pas dengan postur tubuh Anda. 

  • Membawa Makanan Ringan

Jalanan macet membuat seseorang merasa lebih cepat bosan dan lapar, sehingga lebih mudah marah dan stres. Untuk mencegah hal tersebut Anda perlu menjaga suasana hati, caranya dengan mengunyah permen karet, makan camilan, minum kopi, dan lainnya.

Tidak ada salahnya membawa makanan ringan seperti keripik, kuaci, kacang panggang, dan permen karet untuk menemani perjalanan. Ketika perut terisi mood akan terjaga, sehingga berkendara di jalanan macet akan terasa biasa saja. 

  • Mendengarkan Musik

Anda juga bisa mencegah rasa stres saat berada di kemacetan dengan mendengarkan musik. Kenapa harus mendengarkan musik? Musik akan membuat otak lebih rileks sehingga mampu meminimalisir rasa stres.

Pemilihan lagu bisa disesuaikan dengan selera Anda, misalnya musik EDM untuk orang-orang yang suka dengan lagu-lagu bertempo cepat. Atau lagu-lagu ballad untuk menciptakan suasana yang tenang selama di perjalanan. 

Jika pergi bersama pasangan, keluarga, atau teman sebaiknya hindari pembicara berat yang bisa memicu emosional. Karena mendengarkan musik akan terasa percuma jika di dalam mobil terjadi pembicaraan yang kurang menyenangkan.

 jalanan macet

Sumber https://www.pexels.com/id-id/foto/mobil-jalan-kendaraan-orang-orang-13677857/ 

  •  Jangan Tiba-tiba Rem Mendadak

Saat berkendara di jalanan macet ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga keselamatan bersama. Berhenti mendadak secara tiba-tiba sangat berisiko menimbulkan tabrakan dari arah belakang.

Berhenti secara mendadak bisa meningkatkan stres karena pengguna jalan lain akan marah dan menegur Anda. Jika ingin berhenti jangan langsung menginjak rem tapi kurangi dulu kecepatannya agar pengendara di belakang memiliki waktu yang cukup untuk berhenti.

  •  Gunakan Gigi Rendah Saat Jalanan Merayap

Pengguna mobil bertransmisi manual sebaiknya menggunakan gigi rendah saat arus jalan sedang padat merayap. 

Jika kondisi jalan macet parah gunakan gigi 1 supaya Anda bisa mengontrol mobil dengan mudah dan meminimalisir mobil mati saat beban bensin berlebihan. 

Baca Juga : Pemahaman Korosi Kapal: Pengaruh dan Solusi Terbaik

Jika mobil Anda jenis matic (transmisi otomatis) sebaiknya posisikan tuas transmisi ke posisi D saat mobil melaju pelan di kemacetan. Posisi tuas transmisi yang tepat akan membantu meminimalisir insiden yang tidak terduga seperti mesin mati secara tiba-tiba.

  •  Menjaga Emosi dan Tetap Fokus

Berkendara di kemacetan tidak hanya memerlukan kemampuan menyetir yang mumpuni tapi juga membutuhkan keahlian dalam mengendalikan emosi. Ketika di tengah kemacetan pasti ada saja hal-hal yang membuat Anda jengkel.

Meskipun demikian, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk meluapkan emosi. Sebagai pengguna jalan kita harus saling menghormati dan menjaga lisan untuk menciptakan suasana berkendara yang nyaman. 

Ketika terjadi hal-hal yang mengganggu sebaiknya jangan hiraukan dan teruslah fokus menyetir. Menjaga emosi saat berkendara di jalanan macet sangat penting untuk menghindari terjadinya pertengkaran antar pengendara. 

  •  Menjaga Jarak Aman dengan Kendaraan di Depan

Kasus kecelakaan di tengah kemacetan sering terjadi karena pengendara tidak hati-hati dalam menjaga jarak aman antar kendaraan. Untuk mencegah tabrakan sebaiknya jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan.

Menjaga jarak aman akan membantu meminimalisir kecelakaan jika mobil di depan tiba-tiba berhenti secara mendadak. Dengan menjaga jarak Anda dapat berkendara dengan aman dan tenang, sehingga terhindar dari rasa stres. 

  •  Selalu Berikan Tanda Saat Berpindah Jalur

Selama di perjalanan tidak mungkin Anda selalu berjalan di satu jalur, pasti ada kalanya berpindah jalur untuk menyalip kendaraan lain. Saat berpindah jalur pastikan selalu menyalakan lampu sein untuk memberikan isyarat ke pengendara di belakang.

Berpindah jalur tanpa memberi tanda cukup berbahaya meskipun kondisi jalan sedang macet. Jika hal tersebut terus-menerus dilakukan risiko kecelakaan yang Anda alami akan semakin tinggi. Untuk menjaga keselamatan sebaiknya jalan lakukan hal tersebut. 

Itulah tadi beberapa tips bebas stres saat berkendara di kemacetan, semoga tips tersebut dapat membantu Anda saat terjebak macet di perjalanan. Munculnya rasa stres saat berkendara di jalanan macet memang tidak bisa dihindari seratus persen.

Tapi dengan menerapkan tips-tips tadi setidaknya Anda bisa mengendalikan diri agar tetap berkendara dengan aman. Intinya selalu utamakan keselamatan diri dan pengguna jalan lain dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. 

Berita Lainnya

Aki Motor2

Tips Perawatan Aki Motor

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah yang berguna untuk menyal...

selengkapnya