Tips & Trik

Tips Bebas Stres Berkendara di Jalanan yang Macet

PUBLISHED DATE : 22 Januari 2024

Berkendara Di Jalanan Macet

Jika kondisi jalan macet parah gunakan gigi 1 supaya Anda bisa mengontrol mobil dengan mudah dan meminimalisir mobil mati saat beban bensin berlebihan. 

Jika mobil Anda jenis matic (transmisi otomatis) sebaiknya posisikan tuas transmisi ke posisi D saat mobil melaju pelan di kemacetan. Posisi tuas transmisi yang tepat akan membantu meminimalisir insiden yang tidak terduga seperti mesin mati secara tiba-tiba.

  •  Menjaga Emosi dan Tetap Fokus

Berkendara di kemacetan tidak hanya memerlukan kemampuan menyetir yang mumpuni tapi juga membutuhkan keahlian dalam mengendalikan emosi. Ketika di tengah kemacetan pasti ada saja hal-hal yang membuat Anda jengkel.

Meskipun demikian, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk meluapkan emosi. Sebagai pengguna jalan kita harus saling menghormati dan menjaga lisan untuk menciptakan suasana berkendara yang nyaman. 

Ketika terjadi hal-hal yang mengganggu sebaiknya jangan hiraukan dan teruslah fokus menyetir. Menjaga emosi saat berkendara di jalanan macet sangat penting untuk menghindari terjadinya pertengkaran antar pengendara. 

  •  Menjaga Jarak Aman dengan Kendaraan di Depan

Kasus kecelakaan di tengah kemacetan sering terjadi karena pengendara tidak hati-hati dalam menjaga jarak aman antar kendaraan. Untuk mencegah tabrakan sebaiknya jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Umur Rantai pada Motor

Menjaga jarak aman akan membantu meminimalisir kecelakaan jika mobil di depan tiba-tiba berhenti secara mendadak. Dengan menjaga jarak Anda dapat berkendara dengan aman dan tenang, sehingga terhindar dari rasa stres. 

  •  Selalu Berikan Tanda Saat Berpindah Jalur

Selama di perjalanan tidak mungkin Anda selalu berjalan di satu jalur, pasti ada kalanya berpindah jalur untuk menyalip kendaraan lain. Saat berpindah jalur pastikan selalu menyalakan lampu sein untuk memberikan isyarat ke pengendara di belakang.

Berpindah jalur tanpa memberi tanda cukup berbahaya meskipun kondisi jalan sedang macet. Jika hal tersebut terus-menerus dilakukan risiko kecelakaan yang Anda alami akan semakin tinggi. Untuk menjaga keselamatan sebaiknya jalan lakukan hal tersebut. 

Itulah tadi beberapa tips bebas stres saat berkendara di kemacetan, semoga tips tersebut dapat membantu Anda saat terjebak macet di perjalanan. Munculnya rasa stres saat berkendara di jalanan macet memang tidak bisa dihindari seratus persen.

Tapi dengan menerapkan tips-tips tadi setidaknya Anda bisa mengendalikan diri agar tetap berkendara dengan aman. Intinya selalu utamakan keselamatan diri dan pengguna jalan lain dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya