Tips & Trik

Ini Fungsi Dwell Tester: Cara Membaca & Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 19 Januari 2022

127573757 S

Dwell tester merupakan alat ukur sudut yang digunakan untuk pengukuran kondisi kendaraan.

Alat ini mempunyai peranan yang sangat penting, untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima, sehingga bisa meminimalisir kerusakan. 

Selain untuk memeriksa keadaan kendaraan, alat ini juga baik digunakan untuk perbaikan kendaraan.

Baca Juga : Ganti Filter Bensin untuk Jaga Performa Kendaraan

Dengan alat ukur ini, Anda bisa melakukan penyetelan sudut secara berkala, dengan cara mengukur sudut dwell atau sudut yang terbentuk pada kontak platina.

Pengertian Dwell Tester

Pada kendaraan yang memakai sistem pengapian konvensional, tester ini sangat dibutuhkan. Pengapian konvensional masih menggunakan kotak platina, dan kotak tersebut membutuhkan perawatan secara berkala.

Perawatan pada kotak platina ini berupa penyetelan sudut, yang disebut dengan sudut dwell. Kesalahan penyetingan pada sudut dwell bisa menyebabkan performa kendaraan tidak maksimal yang berujung pada kerusakan kendaraan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Suzuki Avenis

Fungsi Brush Pada Motor Starter

Ketika memutar kunci motor untuk menghidupkan mesin, ada proses yang sangat penting yang terjadi di pada mesin motor. Salah satu komponen kunci dalam proses tersebut adalah brush p...

selengkapnya
Kapal

Perbedaan Kapal dan Perahu

Kapal dan perahu memiliki fungsi yang sama. Namun, nyatanya terdapat perbedaan kapal dan perahu yang belum banyak dipahami oleh semua orang. Padahal memahami hal ini sebenarnya san...

selengkapnya