Tips & Trik

Harus Tahu! Ini Proses, Syarat, dan Biaya Ganti Plat Mobil

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/23__IGNIS_(1).jpg

23._IGNIS__2_

Bagaimana jika Seandainya STNK Mobil Mati?

Jika mengacu sesuai dengan aturan yang berlaku, maka pada dasarnya STNK merupakan surat resmi yang harus selalu dalam keadaan aktif.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan harus bisa membayar pajak dengan rutin tiap tahun. Jika aturan tersebut tidak ditaati, maka Anda akan dikenakan sanksi/denda.

Bagi pemilik kendaraan yang memiliki STNK mati akan dikenakan sanksi berupa penjara maksimal 2 bulan atau denda uang tunai sebesar Rp 500.000,-. Aturan tersebut telah resmi dibuat dan tercantum dalam UU NO 22 tahun 2009. UU tersebut membahas tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ketika Anda terkena denda akibat keterlambatan membayar pajak tahunan, tentunya akan membuat biaya ganti plat mobil jauh lebih mahal dibandingkan saat STNK aktif.

Oleh sebab itu, selalu pastikan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan secara rutin agar tidak mendapatkan denda.

Sebelum mengurus proses pergantian STNK, jangan lupa untuk melengkapi persyaratan ganti plat mobil sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hal tersebut dikarenakan jika dokumen ada yang kurang atau ternyata ada ketidakcocokan, proses pergantian STNK bisa terkendala dan membutuhkan waktu lebih lama. 

Nah, demikian pembahasan lengkap mengenai persyaratan serta biaya ganti plat mobil terbaru.

Terakhir, saat kendaraan mengalami kerusakan jangan lupa untuk mendatangi bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda.

 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya