Tips & Trik

Harus Tahu! Ini Proses, Syarat, dan Biaya Ganti Plat Mobil

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2021

23  IGNIS (1)

BPKB pengendara yang masih ditahan oleh bank, harus tetap disertakan dengan surat keterangan bukti penggunaan BPKB bermaterai yang bisa diperoleh secara langsung dari bank terkait.

Tata Cara Mengurus Ganti Plat Mobil 

Setelah seluruh dokumen untuk syarat ganti plat mobil telah terpenuhi, maka selanjutnya Anda bisa melakukan serangkaian prosedur penggantian plat di Kantor SAMSAT terdekat. Anda tidak perlu merasa bingung, karena prosedurnya cukup mudah.

  • Pemilik Mobil Melakukan Pendaftaran

Pemilik mobil bisa langsung mendatangi kantor SAMSAT terdekat di daerah tempat tinggal sambil membawa persyaratan yang dibutuhkan. Selanjutnya segera lakukan pendaftaran untuk mengganti plat nomor pada loket tersedia. 

Apabila Anda bingung mencari tempat loket, Anda bisa menanyakan pada petugas yang ada di area tersebut.

Setelah mendaftar pada loket yang tersedia, Anda akan mendapatkan nomor antrian untuk dapat memproses pergantian plat mobil. Pemilik kendaraan harus menunggu selama beberapa menit untuk dipanggil oleh petugas.

  • Melakukan Pemeriksaan Fisik Kendaraan

Pengecekan fisik kendaraan dilakukan pada loket khusus yang telah disediakan oleh pihak SAMSAT.

Baca Juga : Apa Itu Dashboard Mobil? Ini Fungsi dan Bagiannya

Pada tahap pemeriksaan fisik tersebut, selain memeriksa kelengkapan mobil, petugas juga akan melakukan penggesekan nomor rangka dan juga nomor mesin kendaraan.

Proses tersebut biasanya akan berlangsung agak lama, oleh sebab itu pemilik kendaraan perlu menunggu selama 10-20 menit sampai pemeriksaan selesai.

Ketika petugas telah selesai melakukan pemeriksaan, pemilik mobil akan diberi bukti kertas gesek nomor mesin dan angka.

  • Melakukan Pengisian Formulir dan Legalisir

Jika proses pendaftaran dan juga pemeriksaan fisik kendaraan telah selesai dilakukan, selanjutnya silahkan bawa syarat ganti plat mobil yang telah dijelaskan sebelumnya menuju loket legalisir.

Pada loket tersebut semua dokumen yang dibawa oleh pemilik kendaraan akan dilakukan pencocokan dengan surat penggesekan serta hasil pemeriksaan fisik.

Jika berkas persyaratan dan hasil pemeriksaan sudah cocok dan lengkap, maka petugas akan memberikan formulir data. 

Formulir data tersebut harus diisi dengan lengkap dan detail sesuai dengan permintaan. Tapi jika hasil pemeriksaan tidak sesuai, maka petugas akan memberitahukan permasalahan pada pemilik kendaraan. Terkadang pemilik harus melengkapi persyaratan yang tidak sesuai baru bisa kembali.

  • Pembayaran
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya