Tips & Trik

Sudah Tahu? Ini Syarat dan Biaya Ganti Plat Motor Terbaru

PUBLISHED DATE : 10 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Addresh_(1).jpg

Plat merupakan salah satu komponen penting pada motor. Bagi pemilik kendaraan bermotor, plat tidak hanya sembarang angka dan nomor saja. Plat motor perlu diganti setiap lima tahun sekali. Untuk menggantinya, ada syarat ganti plat motor yang harus dipenuhi.

Apabila jatuh tempo penggantian plat ini tidak dilakukan, pihak kepolisian akan menghapus data terkait nomor plat tersebut. Akibatnya, motor tidak lagi bisa dioperasionalkan dan bisa terkena masalah. Untuk itu, pemilik sepeda motor wajib secara rutin mengganti plat motornya setiap 5 tahun sekali.

Syarat Mengganti Plat Motor

Dalam mengganti plat motor, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap pengendara. Salah satu syarat wajib dalam penggantian ini adalah STNK. Surat ini juga memiliki tanggal kadaluarsanya sendiri. Tanpa adanya STNK ini, plat motor tidak bisa diperpanjang.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Matic

Banyak masyarakat yang memilih menggunakan calo karena menganggap proses perpanjangan plat cukup merepotkan. Calo biasanya memasarkan jasanya dengan biaya yang cukup tinggi. Padahal memperpanjang plat tidak terlalu sulit, asal semua persyaratannya sudah terpenuhi.

Kendati plat akan menjadi identitas dari kendaraan tersebut, berikut persyaratan ganti plat motor yang wajib Anda penuhi jika ingin mengganti plat.

  • Menyertakan STNK motor versi asli beserta dengan fotokopinya
  • Menyertakan KTP asli pemilik kendaraan dan fotokopi
  • Pastikan bahwa nama dalam KTP sesuai dan sama dengan yang tertera pada STNK milik motor tersebut
  • Membawa BPKB motor asli dan fotokopi
  • Saat mengurus kendaraan milik orang lain wajib menyertakan surat kuasa
  • Jika ingin mengganti plat motor perusahaan, maka wajib menyertakan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak milik perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP, dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Dokumen-dokumen di atas merupakan dokumen wajib yang harus dipenuhi saat akan mengganti plat motor. Selain dokumen, Anda wajib melakukan pengecekan fisik pada motor tersebut. 

Baca Juga : Awas, Ini 5 Tandanya Van Belt Motor Mau Putus

Saat mendatangi Samsat, menggesek nomor mesin dan rangka adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan setiap lima tahun.

Setelah mendapatkan hasil gesekan ini, Anda akan diberikan blangko yang disertakan dalam formulir pendaftaran.

Sebagai tips, sebaiknya datang ke Samsat pada pagi hari guna menghindari antrian yang terlalu panjang. Kendati ada banyak orang yang akan mengurus kendaraannya, siapkan dokumen persyaratan jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo penggantian.

Baca Juga : Apa Itu Sunmori dan Istilah Para Rider Lainnya

Addresh__2_

Cara Mengganti Plat Motor

Setelah mengetahui syarat ganti plat motor, Anda perlu tahu bagaimana cara mengurusnya. Untuk lebih jelasnya, berikut alur penggantian plat motor yang wajib Anda ketahui.

  1. Mendaftar

Pertama, Anda perlu mendatangi kantor Samsat terdekat untuk melakukan penggantian plat motor. Setelah itu, Anda perlu datang ke bagian loket pengecekan fisik kendaraan. 

Saat akan mendaftar, Anda akan dimintai dokumen persyaratan seperti STNK dan BPKB. Jika sudah selesai, Anda hanya perlu menunggu nomor antrian Anda dipanggil. Kemudian Anda bisa masuk pada tahapan selanjutnya.

    2. Melakukan Pengecekan Fisik Motor

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, bawa motor yang akan diganti plat ke bagian pengecekan fisik. Sebelum masuk pada tahap ini, usahakan motor dalam keadaan lengkap termasuk komponen spion, knalpot, hingga bagian ban motornya. Pastikan bahwa semua bagian sudah lengkap.

Petugas biasanya akan meminta Anda untuk membantunya mengecek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Namun untuk tahap selanjutnya yakni proses gesek mesin dan rangka, akan langsung dilakukan oleh petugas dengan menggunakan kertas gesek yang Anda miliki.

Kertas gesek ini akan Anda dapatkan pada saat pendaftaran. Umumnya, lama proses penggesekan ini adalah 10 sampai 30 menit saja, tergantung jumlah antrian. Pada dasarnya, proses gesek tidak dikenakan biaya.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya