Tips & Trik

Fungsi Gearbox Mobil: Cara Kerja dan Ciri Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2021

Gear Box Pada Mobil

Selain itu, mobil manual memiliki masa pakai yang lebih singkat daripada mobil otomatis. Oleh karena itu, jika mobil sudah mencapai usia 5 tahun pemakaian, maka sebaiknya cek kondisi dari gearbox mobil Anda untuk mengetahui apakah masih layak pakai atau tidak. 

Apabila sudah tidak layak pakai, apakah harus ganti baru atau memperbaikinya? Membeli gearbox baru memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, memperbaiki komponen ini juga belum tentu hal yang tepat. 

Solusinya adalah jika masalah pada komponen ini hanya terjadi sesekali dan tidak fatal, maka sebaiknya perbaiki saja untuk solusi murah dan sementara. Namun, jika terjadi kerusakan yang fatal, maka sebaiknya ganti ke komponen yang baru. 

Sebagai catatan, Anda juga perlu mengecek seluruh kondisi mobil sebelum mengganti komponen satu ini. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masalah mobil hanya terletak pada komponen ini saja dan bukan komponen mobil lainnya. 

Tips Memperpanjang Usia Gearbox

Nah, setelah mengetahui masa pakai atau usia dari komponen mobil ini, maka selanjutnya ketahuilah tips untuk memperpanjang masa pakai gearbox.

Tips pertama yaitu cek secara rutin cairan transmisi yang berfungsi untuk menjaga agar komponen ini tidak terlalu panas. 

Baca Juga : Mesin Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya

Tips kedua yaitu memberikan perawatan insentif dengan cara mengganti oli, mengganti filternya, dan membersihkannya. Selain itu, gunakan juga cairan sintetis yang tahan terhadap suhu mesin yang tinggi. 

Tips selanjutnya yaitu gunakan pendingin untuk gearbox yang bertujuan untuk membuat komponen ini tidak terlalu panas. Apabila terlalu panas, maka komponen ini akan menjadi cepat rusak. 

Tips berikutnya adalah jangan melakukan akselerasi dan pindah gigi yang terlalu cepat dan kasar.  Hal ini karena gaya berkendara yang seperti itu dapat membuat komponen mobil satu ini menjadi lebih cepat rusak. 

Jadi, Anda seharusnya memberikan perawatan yang maksimal untuk gearbox mobil karena keberadaannya sangatlah penting.

Nah, jika mobil Anda mengalami gejala atau ciri kerusakan karena komponen ini, segera bawa mobil tersebut ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya