Tips & Trik

Fungsi Gearbox Mobil: Cara Kerja dan Ciri Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2021

Gear Box Pada Mobil

Fungsi gearbox mobil yang utama adalah menyalurkan torsi atau tenaga mesin ke komponen mesin lainnya.  Oleh sebab itu, komponen ini juga disebut sebagai transmisi mobil karena merupakan sistem mekanis yang berfungsi untuk menyalurkan daya atau tenaga. 

Komponen ini juga terdapat di kendaraan mobil otomatis maupun manual.  Nah, selain memiliki fungsi utama tersebut, komponen ini juga berfungsi untuk mengubah torsi atau daya putar. Kemudian, torsi atau daya putar tersebut akan dilanjutkan ke bagian spindel kendaraan mobil. 

Fungsi gearbox mobil yang selanjutnya yaitu menyesuaikan rasio gigi dengan beban dari mesin kendaraan mobil. Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk menciptakan putaran pada mesin mobil tanpa terjadinya selip. 

Fungsi gearbox mobil terakhir dari komponen ini adalah dapat mengatur atau menyesuaikan kecepatan torsi dan gerak kendaraan. Hal ini bermanfaat untuk membuat kendaraan bergerak maju dan mundur dengan baik. 

Cara Kerja Gearbox Mobil

Setelah mengetahui fungsi dari gearbox pada kendaraan mobil, sebaiknya Anda juga mengetahui cara kerja komponen ini. Secara umum, cara kerja komponen ini pada kendaraan mobil yaitu memindahkan putaran dan gaya yang ada di mesin dan gerakan roda mobil. 

Baca Juga : Stabilizer Rantai Motor: Ini Fungsi dan Manfaatnya

Pada proses ini, sebagian poros roda menerima daya tertentu dari gearbox. Daya tenaga putar yang besar sangat diperlukan pada proses ini. Terkadang, tenaga gerak yang tinggi dengan kekuatan besar sangat dibutuhkan ketika kendaraan mobil melewati jalanan yang terjal. 

Untuk dapat menjalankan tugas gearbox dengan baik, terdapat komponen lainnya yang harus membantunya untuk menyalurkan tenaga. Komponen pertama yang membantu tugas gearbox mobil yaitu  input shaft cover. 

Input shaft cover merupakan salah satu komponen yang berguna untuk meneruskan putaran dari kendaraan atau motor yang bergerak. Selanjutnya, oil seal juga membantu tugas komponen ini dengan menahan oli agar mencegah terjadinya kebocoran. 

Komponen yang selanjutnya yaitu oli hole cover. Oli hole cover berguna sebagai tempat saluran masuknya oli. Selain oli hole cover, komponen lainnya yang juga membantu kinerja gearbox adalah worm shaft. 

Worm shaft adalah komponen yang berguna untuk meneruskan putaran yang berasal dari work wheel menuju ke output shaft. Terdapat juga komponen lain bernama out cover yang bermanfaat untuk menutup lubang yang ada di output shaft. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya