Tips & Trik

Fungsi Gearbox Mobil: Cara Kerja dan Ciri Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2021

Gear Box Pada Mobil

Selain itu, frame juga merupakan komponen lainnya yang berguna sebagai tempat tinggal atau rumah bagi gearbox. Komponen yang terakhir bernama paking. Paking adalah komponen yang berguna untuk menahan oli agar tidak bocor. 

Gejala dan Ciri Kerusakan Gearbox Mobil

Gearbox bisa saja mengalami kerusakan meskipun usianya masih belum mencapai 5 tahun pemakaian atau masih di bawah angka 100.000 km. Kerusakan tersebut bisa saja terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. 

Nah, ciri pertama apabila komponen ini perlu diperbaiki atau diganti yaitu terdapat bau dari cairan transmisi yang terbakar. Selanjutnya, jika ada cairan transmisi yang bocor, maka juga merupakan salah satu ciri komponen satu ini sudah rusak.

Gejala atau ciri yang selanjutnya yaitu apabila terdapat suara yang tidak biasa atau aneh saat Anda menyalakan mobil. Selain itu, apabila lampu indikator mesin yang ada di dashboard menyala, maka kemungkinan besar komponen ini mengalami kerusakan. 

Ciri yang terakhir yaitu ketika Anda mengalami kesulitan saat memindahkan posisi gigi dan mempertahankan posisi gigi. Mengetahui deteksi dini dari ciri kerusakan pada komponen satu ini sangat penting karena Anda bisa memperbaikinya daripada menggantinya dengan komponen baru. 

Masa Pakai Gearbox Mobil

Baca Juga : Mari Mengenal Fungsi Blok Silinder Mobil dan Komponennya

gear_box

Seperti komponen mobil yang lain, komponen ini juga memiliki usia atau masa pakai. Jika gearbox mobil sudah mencapai usia atau masa pakai, maka tentu harus segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Berikut beberapa cara mengetahui masa pakainya. 

  1. Hitung Usia Berdasarkan Hitungan KM

Sebenarnya, tidak ada masa pakai atau usia yang mutlak untuk pemakaian komponen satu ini. Pasalnya, kualitas dari komponen ini berpengaruh terhadap masa pakainya. 

Jadi, jika gearbox berkualitas buruk, maka akan lebih cepat rusak jika dibandingkan dengan yang kualitas bagus. 

Namun, rata-rata dari usia komponen satu ini yaitu apabila hitungan km pada kendaraan mobil sudah mencapai 100.000-250.000 km. Jika sudah mencapai angka tersebut, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan komponen yang baru. 

  1. Hitung Berdasarkan Jumlah Tahun Pemakaian
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya