Tips & Trik

Nekat Lewati Banjir, Ini Ciri Oli Mobil yang Sudah Tercampur Air

PUBLISHED DATE : 03 Februari 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Nekat-Lewati-Banjir-Ini-Ciri-Oli-Mobil-yang-Sudah-Tercampur-Air.jpg

Sampai bulan februari ini, musim hujan masih terus berlangsung dengan intensitas yang cukup tinggi. Dengan begitu, potensi adanya banjir atau hanya genangan air masih bisa terjadi, dan hal ini sudah pasti membuat pemilik kendaraan harus selalu waspada. Tapi, tidak sedikit pemilik kendaraan yang nekat menerobos banjir, karena dengan berbagai alasan.

Kalau sudah begini, pemilik mobil harus segera melakukan pengecekan setelah menerobos banjir. Kenapa demikian? Karena ada kemungkinan oli mesinnya telah tercampur dengan air.

Bagaimana mengeceknya?

Baca Juga : Waspada, Begini Ciri Busi Mobil Perlu Diganti

Mengecek oli yang sudah tercampur dengan air tidak terlalu sulit kok dan Anda bisa mencoba melakukannya sendiri di rumah. Coba cek warna oli di mesin mobil Anda dan bila oli sudah berubah menjadi cokelat menuju abu-abu itu tandanya oli sudah tercampur dengan air.

Apa yang harus dilakukan jika memang sudah tampak tercampur?

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan terlebih dahulu  kendaraan tersebut. Walaupun mungkin mesin mobil masih bisa dihidupkan, karena oli sudah bercampur air, laju kendaraan biasanya tidak akan lancar seperti biasa.

Baca Juga : Berbagai Penyebab Kerusakan Injektor di Sepeda Motor

Segeralah melakukan pengecekan semua bagian oli pada mobil, seperti oli mesin, oli gardan, dan oli transmisi. Kenapa harus dicek semua? Karena kemungkinan besar oli sudah tercampur air, jadi diperlukan pengurasan dengan yang oli yang baru.

Di mana sebaiknya melakukan pengecekan tersebut? Sudah pasti di bengkel mobil resmi Suzuki. Tidak hanya akan dikerjakan oleh mekanik handal Suzuki, oli-oli yang sudah tercempur air semua akan diganti dengan oli yang sesuai dengan standar mobil-mobil Suzuki. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Fungsi Plat Kopling Mobil dan Komponen-komponennya

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya