Tips & Trik

Fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2020

110488423 S

Indikator yang memiliki satuan rotasi per menit (rpm) ini sangat berguna untuk pengendara. Dapat dikatakan, tachometer adalah instrumen yang menuntun pengoperasian kendaraan. Dengan berpedoman pada tachometer, kendaraan akan berjalan menurut putaran statis. Hal ini dapat menghemat bahan bakar.

Pada mobil, alat ini berfungsi khusus memantau rpm mobil. Dengan melihat angka yang tertulis dalam tachometer, Anda bisa memantau rpm agar tidak melebihi ketentuan pabrik. Sebab, jika angka rpm terlalu tinggi, hal ini dapat mengurangi usia pemakaian mesin menjadi sangat pendek.

93547078_s

Jenis Jenis Tachometer Mobil

Baca Juga : Berkendara Aman Saat Malam Hari dengan Foglamps dan Headlamps All New Ertiga

Jika zaman dahulu dimana tachometer hanya dapat diakses secara manual, kini tersedia tachometer berbasis digital. Tachometer mobil tersebut sendiri tersedia dalam beberapa jenis. Berikut penjelasannya

  • Optic

    Tachometer optic atau biasa disebut non contact digunakan untuk mengukur kecepatan rpm. Alat ini berbentuk batang yang memuat jalur atau garis. Photo Sensornya menghadap ke arah batang tersebut.

    Cara kerja alat ini yakni, setiap batang berputar, kemudian photosensor akan menentukan jumlah garis yang dilewati. Output yang dihasilkan berbentuk pulsa. Pada periode ini, kecepatan reguler akan diukur dengan rangkaian counter. Sistem kerjanya telah tercantum pada batang optic.

    Adanya photosensor yang bisa mendeteksi garis menjadi kelebihan yang dimiliki gerigi optic. Akan tetapi, alat ini tidak bisa mendeteksi jarak sehingga diperlukan pemasangan 2 photosensor.

  • Rotor Bergigi
    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya