Tips & Trik

Fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/110488423_s.jpg

Nah, perlu diperhatikan juga saat kondisi mobil menyalakan AC, angka yang ditunjuk rpm tidak boleh berubah. Tidak adanya perubahan nilai rpm tersebut menunjukkan mesin kendaraan Anda dalam kondisi sehat.

Cara Kerja dan Cara Membaca Speedometer

Hampir semua orang yang memakai kendaraan sudah mengetahui fungsi dari speedometer. Speedometer digunakan untuk mengukur laju kecepatan kendaraan. Dengan melihat alat yang satu ini, Anda dapat memantau kecepatan kendaraan yang sedang dikendarai.

Namun, Anda perlu memperhatikan kecepatan selama berada di jalan tol. Biasanya, saat melewati jalan tol, di lingkungan tersebut terdapat batasan kecepatan berkendara. Nah, agar tetap aman, upayakan selalu spidometer Anda menunjukkan angka 60—100 kpj.

Informasi yang ditampilkan dalam speedometer umumnya terdiri dari angka 0 sampai dengan 220 km/h. Angka tersebut berjajar melengkung 2/3 lingkaran. Cara membacanya cukup mudah. Jika jarum speedometer menunjukkan angka 40, berarti kecepatan mobil sebesar 40 kilometer per jam (km/h).

Angka 40 tersebut merupakan kecepatan konstan. Artinya, selama satu jam, mobil mampu menempuh jarak 40 kilometer. Namun, angka ini dapat berubah seiring dengan bertambah atau berkurangnya kelajuan mobil. Nah, sedangkan pada jenis digital biasanya kecepatan kendaraan ditunjukkan oleh angka utama.

Cara Kerja dan Cara Membaca Odometer

Sering dikaitkan dengan spidometer, sebenarnya fungsi odometer berbeda dengan spidometer. Odometer berguna untuk menunjukkan akumulasi kilometer mobil selama berkendara. Secara sederhana, odometer mengukur jarak, sedangkan speedometer mengukur kecepatan berkendara.

Odometer penting diperhatikan karena berpengaruh terhadap performa mesin. Bahkan, pada mesin mobil yang masih baru, pemeriksaan odometer harus dilakukan secara berkala. Pengendara tidak boleh terlambat untuk service odometer ini.

Untuk membaca odometer Anda perlu mengetahui jenis odometer yang tersedia dalam mobil Anda. Zaman sekarang kita kenal jenis odometer analog dan digital. Sistem digital lebih mudah dibaca. Sebab, odometer digital langsung menunjukkan angka tepat berapa jarak yang telah ditempuh kendaraan tersebut

Namun, bagi Anda yang masih menggunakan odometer analog, Anda cukup melihat angka yang ditunjuk jarum odometer. Informasi ini memberikan jarak yang tepat total kilometer yang telah Anda lalui.

Cara Perawatan Sederhana Tachometer Mobil

Saat memiliki kendaraan sudah seharusnya Anda mampu merawatnya secara berkala. Cara perawatan sederhana tachometer bisa Anda lakukan di rumah tanpa mengeluarkan banyak uang. Beberapa hal yang perlu Anda perhatian untuk menjaga fungsi tachometer adalah sebagai berikut.

  • Tidak meletakkan tachometer di dekat medan magnet yang kuat.
  • Untuk mengukur besaran listrik yang belum diketahui, cobalah dengan menetapkan jangkauan terbesar.
  • Tidak meletakkan tachometer di tempat terbuka saat matahari terik.
  • Tidak meletakkan tachometer di tempat yang dapat menimbulkan getaran

Tidak mencuci tachometer menggunakan cairan pelarut.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya