Tips & Trik

Fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2020

110488423 S

Jenis tachometer ini terdiri dari satu sensor tetap dan satu paket pemutar gerigi, roda, dan bahan besi. Untuk melakukan fungsinya, rotor gerigi menggunakan dua sensor, yakni Variable Reluctance Sensor dan Hall Effect Sensor.

Sistem kerja alat ini ditandai dengan adanya perputaran rotor, kemudian terjadi pengukuran bagian rotor yang bergerigi. Setiap gerigi yang dilewati ini akan terdeteksi oleh sensor magnet. Medan magnet akan bertambah, menginduksi tegangan lilitan kawat, hingga dihasilkan energi.

Energi ini akan diubah menjadi gelombang kotak yang memiliki rangkaian ambang detektor. Gelombang kotak jernih akan terus dihasilkan setiap waktu saat gerigi melewatinya.

  • DC

    Tachometer DC merupakan generator yang berfungsi untuk memproduksi tegangan DC sesuai kecepatan batang. Alat ini terdiri dari magnet tetap dan bagian yang berbahan koil. Di dalam sistem kerja tachometer ini juga terjadi konversi secara langsung.Konversi langsung tersebut terjadi antara kecepatan dan tegangan. Oleh karena itu, tachometer ini sering digunakan dalam instrumen kelautan.

    Tachometer DC memiliki keunggulan dalam menjaga agar inersia tidak turun. Namun, jika hal itu terjadi, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sikat. Perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan sikat seperti itu dapat menjadikan inersia cepat aus.

  • Cara Kerja dan Cara Membaca Tachometer

    Setelah mengetahui jenis-jenis tachometer mobil, kini Anda perlu memahami cara kerja alat tersebut. Pertama, saat melihat tachometer, Anda akan melihat angka 0 sampai dengan 6 pada lengkungan alat tersebut. Angka itulah yang ditunjuk oleh tachometer dalam mengukur rpm mobil Anda.

    Baca Juga : Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Ini Sejarahnya

    Jarak yang ditunjuk tachometer tersebut kemudian dikalikan dengan 1000, seperti petunjuk yang ada di tengah alat ini. Hasil konversi perkalian inilah yang menunjukkan nilai rpm mobil Anda. Angka rpm ini menampilkan kecepatan perputaran mesin mobil.

    Indikator tachometer dapat digunakan untuk mengetahui sehat atau tidaknya mesin mobil. Anda dapat memeriksa nilai tachometer saat pertama membeli mobil. Kemudian pada waktu tertentu, Anda diharapkan mengecek kembali. Jika rpm naik, tandanya ada yang salah dengan mesin kendaraan Anda.

    Nah, perlu diperhatikan juga saat kondisi mobil menyalakan AC, angka yang ditunjuk rpm tidak boleh berubah. Tidak adanya perubahan nilai rpm tersebut menunjukkan mesin kendaraan Anda dalam kondisi sehat.

    Cara Kerja dan Cara Membaca Speedometer

    Hampir semua orang yang memakai kendaraan sudah mengetahui fungsi dari speedometer. Speedometer digunakan untuk mengukur laju kecepatan kendaraan. Dengan melihat alat yang satu ini, Anda dapat memantau kecepatan kendaraan yang sedang dikendarai.

    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

    Berita Lainnya